Komunitas TDA Kota Mataram Gelar Muswil I

H Nasrin Terpilih jadi Ketua TDA Kota Mataram

MATARAM, Lomboktoday.co.id—Komunitas Tangan Di Atas (TDA) Kota Mataram menggelar kegiatan Musyawarah Wilayah I di ruang rapat kantor Dekopinwil NTB, sekitar pukul 20.00 Wita, Senin (03/6).

Kegiatan Muswil I yang dihadiri oleh para pengurus lama dan para peserta yang mencapai 50 orang itu, selain untuk merefleksi dan mengevaluasi atas kinerja lembaga Komunitas TDA Kota Mataram, juga sekaligus membahas estafeta kepengurusan guna keberlanjutan langkah ke depan.

Suasana kegiatan Musyawarah Wilayah I Komunitas TDA Kota Mataram di ruang rapat kantor Dekopinwil NTB. Foto: Abdul Rasyid/Lomboktoday.co.id

Suasana kegiatan Musyawarah Wilayah I Komunitas TDA Kota Mataram di ruang rapat kantor Dekopinwil NTB. Foto: Abdul Rasyid/Lomboktoday.co.id

Sebelum dilakukan pemilihan pengurus baru dan serah terima pucuk pimpinan dari ketua lama ke ketua terpilih, Ketua Komunitas TDA Kota Mataram periode 2011-2013, Anas Amrullah terlebih menyampaikan laporan pertanggung jawabannya. Dan syukurnya, laporan pertanggung jawaban yang disampaikan Anas Amrullah tersebut, diterima mulus oleh para peserta Muswil.

Dalam kesempatan itu, Anas Amrullah menjelaskan panjang lebar mengenai Komunitas TDA, baik menyangkut visi-misi, member TDA, siapa saja yang menjadi member TDA, termasuk keberadaan TDA Kota Mataram. Dimana, Komunitas TDA Kota Mataram merupakan yang ke-25 dari Komunitas TDA yang tersebar di 44 kota se-Indonesia.

‘’TDA Kota Mataram selalu melakukan kegiatan seperti pertemuan rutin dua kali sebulan, yakni ‘Majelis Jumat Pagi’ yang dilakukan pada minggu ke-2 dan ke-4. Bahkan, kita juga sudah menggelar Seminar Sukses Mulia bersama Jamil Azzaini (Penasehat TDA Pusat) yang dilaksanakan di Hotel Lombok Plaza, Minggu (01/4) lalu, bakti sosial operasi Katarak bersama Sodi Muncul di KLU, workshop How to Grow Your Bussines bersama Teguh Wibawanto (Pengurus TDA Pusat), membangun jejaring pada event pesta wirausaha di Jakarta,’’ kata Anas Amrullah.

Disamping itu, TDA Kota Mataram juga menggelar berbagai kegiatan lainnya, diantaranya; seminar kewirausahaan untuk mahasiswa se-Kota Mataram, workshop IT, pembentukan KMB dan kelompok start up bisnis (bagi mahasiswa, Red), radio talk TDA Mataram ‘inspirasi bisnis’, kunjungan TDA ke wilayah lain.

Sesuai dengan misi, Komunitas TDA ini juga berkomitmen untuk membentuk 10 ribu pengusaha miliader yang tangguh dan sukses hingga tahun 2018. Menumbuhkembangkan semangat kewirausahaan, menciptakan sinergi diantara sesama anggota dan antara anggota dengan pihak lain berlandaskan prinsip high trust community. Tak hanya itu, juga menumbuhkan jiwa sosial dan berbagi diantara anggota, menciptakan pusat sumber daya bisnis berbasis teknologi.

Serah terima jabatan dari ketua lama, Anas Amrullah kepada ketua terpilih, H Nasrin H Muhtar ditandai dengan penyerahan buku sukses dalam berbisnis. Foto: Abdul Rasyid/Lomboktoday.co.id

Serah terima jabatan dari ketua lama, Anas Amrullah kepada ketua terpilih, H Nasrin H Muhtar ditandai dengan penyerahan buku sukses dalam berbisnis. Foto: Abdul Rasyid/Lomboktoday.co.id

‘’Di Komunitas TDA ini setidaknya ada tiga member, yakni TDA, TDB dan Amphibi. TDA adalah member yang sudah full berbisnis dan berupaya meningkatkan bisnisnya ke jenjang yang lebih tinggi. TDB yakni member yang masih bekerja sebagai karyawan dan sedang berupaya untuk pindah kuadran menjadi TDA, dan Amphibi adalah member yang masih dalam tahap peralihan dari TDB ke TDA dengan melakukan bisnis secara sambilan,’’ ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, para peserta diberikan kesempatan untuk mengeluarkan uneg-unegnya baik dalam hal bertanya maupun memberikan masukan untuk kemajuan Komunitas TDA Kota Mataram. Sehingga, tak sedikit para peserta yang memanfaatkan kesempatan itu untuk memberikan masukan dan usulan kepada pengurus TDA Kota Mataram.

Anas Amrullah lebih jauh menjelaskan, pihaknya tidak menjanjikan bantuan dana bagi pengusaha pemula, tapi pihaknya akan membantu untuk mencarikan akses dalam mengajukan pinjaman modal usaha ke lembaga perbankan. Itu salah satu bentuk konkrit yang dilakukan Komunitas TDA Kota Mataram selama ini terhadap anggotanya. Karenanya, Komunitas TDA Kota Mataram mengharapkan kepada anggotanya untuk membuka akses informasi terkait dalam menjalankan usahanya.

Sementara itu, H Nasrin H Muhtar selaku Ketua Panitia dan juga Wakil Ketua Komunitas TDA Kota Mataram memberikan contoh-contoh riil setelah masuk menjadi anggota TDA, paling tidak bisa dibantu dalam mencarikan akses dalam mendapatkan pinjaman modal usaha. Baik itu pada CSR di sejumlah lembaga BUMN maupun perbankan. ‘’Sudah berapa orang yang pernah saya bantu untuk mendapatkan pinjaman modal melalui CSR di lembaga-lembaga BUMN maupun perbankan dengan tanpa agunan,’’ katanya.

POSE : Para peserta Muswil I Komunitas TDA Kota Mataram pose dengan ketua terpilih H Nasrin H Muhtar dan mantan ketua Komunitas TDA Kota Mataram, Anas Amrullah di depan pintu masuk kantor Dekopinwil NTB. Foto: Abdul Rasyid/Lomboktoday.co.id

POSE: Para peserta Muswil I Komunitas TDA Kota Mataram pose dengan ketua terpilih H Nasrin H Muhtar dan mantan ketua Komunitas TDA Kota Mataram, Anas Amrullah di depan pintu masuk kantor Dekopinwil NTB. Foto: Abdul Rasyid/Lomboktoday.co.id

Mengingat malam sudah mulai larut, kemudian dilanjutkan dengan pemilihan ketua Komunitas TDA Kota Mataram masa kepenguruan periode 2013-2015. Sebagian besar peserta memilih H Nasrin H Muhtar sebagai ketua baru menggantikan Anas Amrullah. Sedangkan Anas Amrullah menduduki jabatan baru sebagai Wali Amanah Komunitas TDA Kota Mataram.

Secara pribadi, H Nasrin H Muhtar bersedia menerima dengan ikhlas jabatan baru ini. Amanah yang telah diberikan ini, benar-benar akan dijalankan dengan penuh tanggung jawab. Tapi, kata bos Jamu Tradisional Sasambo ini, sehebat apapun seorang ketua tanpa dukungan anggota, maka Komunitas TDA Kota Mataram ini tidak akan bisa berjalan dengan baik. Jadi, ia berharap dukungan penuh dari semua anggota dalam menjalankan semua program-program yang telah direncanakan guna membesarkan Komunitas TDA Kota Mataram ke depan.

Selanjutnya, H Nasrin H Muhtar dengan dibantu lima orang lainnya dalam 2-3 hari kedepan akan membentuk pengurus devinitif Komunitas TDA Kota Mataram masa bakti 2013-2015.Di penghujung acara, dilanjutkan dengan acara serah terima jabatan dari ketua lama, Anas Amrullah kepada ketua terpilih, H Nasrin H Muhtar yang ditandai dengan penyerahan buku sukses berbisnis, dan pembacaan puisi berjudul Surat Bisnis dari Tuhan yang dibacakan oleh Udin.(ar)

Kirim Komentar

Leave a Reply