Pasar Batujai Ditertibkan

LOTENG, Lomboktoday.co.id—Pasar Batuaji, Praya, Loteng, yang berlokasi di jalur bypass menuju Bandara Internasional Lombok (BIL), ditertibkan oleh pihak kepolisian dari Polres Loteng, Satpol PP Setdakab Loteng, dan dari pihak Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Kabupaten Loteng, Selasa pagi, (04/6).

Kepala Dinas Koperasi, Perindustirian dan Perdagangan UKM Kabupaten Loteng, H Amir Husen mengatakan, penertiban Pasar Batujai yang ada di jalur bypass itu dilakukan karena mengganggu arus lalu lintas menuju BIL. Bahkah, kondisi pasar itu kini mulai terlihat semerawut. ‘’Kalau pasar itu kita tetap biarkan di sana, maka akan terlihat semerawut dan dan arus lalu lintas menjadi macet. Itu sebabnya, Pemkab Loteng menertibkan Pasar Batujai itu supaya arus lalu lintas tidak mengalami kemacetan,’’ katanya kepada wartawan di kantornya, Selasa (04/6).

Amir Husen menjelaskan, pada saat dilakukan penertiban, tidak ada perlawanan dari para pedagang. Bahkan, para pedagang atau masyarakat sudah mempersiapkan tempat mereka untuk berjulan di lokasi pasar yang baru. Dimana, di tempat yang direlokasi itu, para pedagang mendirikan tenda bamboo untuk mereka berjualan. ‘’Jauh hari sebelumnya, kami memang sudah melakukan sosialisasi kepada para pedagang terkait penertiban dan relokasi pasar tersebut. Kami juga memasang spanduk di pasar tersebut,’’ ungkapnya.

Para pedangan tersebut, lanjutnya, sudah direlokasi mulai tadi pagi, (Selasa, 04/6), ke pasar yang telah disediakan, yakni di lokasi baru di Dusun Lembu, Desa Penujak, Kecamatan Praya Barat. Lokasi pasar baru sudah siap ditempat. Lebih-lebih pihaknya telah melakukan aksi gotong royong terhadap akses (jalan) menuju ke pasar baru, sehingga pasar baru tersebut layak dipergunakan. ‘’Saya harapkan dukungan semua pihak, baik masyarakat maupun instansi terkait untuk menertibkan pasar ini, demi kemajuan Loteng ke depan. Kami juga akan tetap berkoordinasi dengan pihak kepolisian, Satpol PP dan Dishubkominfo untuk melakukan pengawasan secara terjadual guna mengantisipasi kembalinya para pedagang berjualan di pasar bypass tersebut,’’ ujarnya.

Di tempat terpisah, Kasi Operasional Satpol PP Setdakab Loteng, Suriyana menjelaskan, jumlah personel yang diterjunkan untuk menertibkan Pasar Batujai sebanyak satu pleton, dan dibantu oleh petugas dari pihak kepolisian dan pihas Dishubkominfo untuk melakukan pengamanan. Ia bersyukur, saat dilakukan penertiban tidak ada gejolak yang timbul dari para pedagang.(ros)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *