Desa Gemel Gelar Pildus

LOTENG, LOMBOKTODAY.CO.ID — Pemerintahan Desa Gemel, Kecamatan Jonggat, Kabupaten Loteng, mengelar pemilihan kepala dusun (Pildus) untuk beberapa dusun yang ada di wilayah Desa Gemel, Sabtu (08/6).

Ketua Panitia Pildus Desa Gemel, Idham Khalid mengatakan, dari delapan dusun yang ada di wilayah Desa Gemel, setidaknya ada tujuh dusun yang menggelar pesta demokrasi pemilihan kepada dusun hari ini. Satu dusun lainnya, tidak melaksanakan Pildus karena sudah melaksanakan tahun lalu.

Ketujuh dusun itu, diantaranya; Dusun Merobok, Dusun Kebun Tengak, Dusun Gemel, Dusun Bunsibah, Dusun Bunperia, Dusun Montong Kecial dan Dusun Bunceman. ‘’Dari tujuh dusun di wilayah Desa Gemel yang melakukan pemilihan kepala dusun itu, hanya ada tiga dusun yang bersaing atau yang akan bertarung ketat. Yakni Dusun Kebun Tengak dengan calon kadus sebanyak empat orang, Dusun Bunprie sebanyak dua calon kadus dan Dusun Montong Kecial dua calon kadus,’’ kata Idham Khalid kepada wartawan di Kantor Kepala Desa Gemel, Sabtu (08/6).

Sedangkan empat dusun lainnya, lanjut Idham Khalid, yakni Dusun Merobok, Dusun Bunceman, Dusun Bunsibah dan Dusun Gemel, tidak memiliki pesaing calon. Artinya, masing-masing dusun hanya memiliki satu calon yang mendaftarkan diri. Meski begitu, pihaknya tetap melakukan pemilihan kepala dusun yang berlangsung pada Sabtu (08/6).

‘’Kita tetap melakukan pencoblosan terhadap dusun yang calonnya satu itu, dan dia akan melawan kotak kosong. Kenapa kita tetap adakan pencoblosan melawan kota kosong, itu kita lakukan agar masyarakat ke depan tidak berasumsi terhadap kepala dusun yang terpilih. Dan tidak ada alasan kalau mereka tidak pernah mengadakan pemilihan kepala dusun,’’ ungkapnya.

Pihaknya berharap proses Pildus ini berjalan aman, lancar dan sukses. Dan pihaknya juga telah bekerjasama degnan pihak kepolisian dalam hal ini jajaran Polsek Jonggat untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.(ros)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *