Pemkot Mataram Bertekad Tingkatkan Kualitas Layanan Kesehatan

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID — Pemerintah Kota (Pemkot) Mataram pada tahun 2014 mendatang, akan terus mengupayakan peningkatan kualitas layanan kesehatan, baik infrastruktur kesehatan, alat kesehatan maupun sumber daya manusia di bidang kesehatan.

Upaya ini bagian dari mensukseskan Program Jaminan Sosial Masyarakat yang akan diberlakukan Pemerintah Indonesia mulai 1 Januari 2014 mendatang. Komitmen tersebut dilontarkan Walikota Mataram, H Ahyar Abduh pada saat meresmikan Klinik Poerwati, Sabtu (08/6).

Tahun ini, kata Walikota Ahyar Abduh, Pemkot Mataram tengah menggenjot pembangunan di bidang infrastruktur, termasuk di dalamnya penambahan ruang rawat baru pada Rumah Sakit Umum Daerah Kota Mataram. Dengan diberlakukannya aturan Jaminan Sosial Masyarakat, Pemerintah Daerah dituntut untuk memberikan pelayanan dasar kesehatan yang berkualitas dan terjangkau kepada masyarakat.

Ia juga menyambut positif keberadaan sejumlah klinik yang saat ini bermunculan di Kota Mataram. Upaya pihak swasta yang turut membantu program pemerintah untuk meningkatkan standar kualitas kesehatan masyarakat, patut diapresiasi. Karenanya, Pemerintah Kota Mataram melalui Dinas Kesehatan akan membangun kerjasama dengan pihak swasta dalam berbagai bidang termasuk peningkatan sumber daya manusia pelayan kesehatan yang handal.

Pemberian layanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau serta gratis di Puskesmas, diklaim Ahyar sebagai bentuk komitmen pemerintah guna meringankan beban masyarakat akibat dari gejolak ekonomi yang terjadi beberapa tahun belakangan ini.

Sementara itu, Ketua Dewan Penasehat Klinik Poerwati, Nanang Samoedra menyebutkan, keberadaan klinik Poerwati merupakan komitmen keluarga besarnya untuk turut meningkatkan indeks kesehatan masyarakat NTB yang masih berada di urutan dua terbawah.

Angka harapan hidup dan lama hidup yang masih rendah, menjadi perhatian bersama dan tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah semata. Kehadiran Klinik Poerwati merupakan komitmen pihaknya untuk tidak hanya mencari keuntungan semata, namun juga memberikan kualitas layanan yang baik bagi masyarakat.

Kesan Klinik selama ini, identik dengan tindakan ‘malpraktek’ diharapakan dapat ditepis pihaknya dengan mengedepankan standar dan kode etik yang berlaku di dunia kesehatan. Peningkatan kualitas kesehatan menjadi urusan wajib semua pihak, guna memastikan kondisi masyarakat NTB dan Kota Mataram yang sehat dan sejahtera.(ar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *