Dilarang Gunakan Solar-Premium untuk Omprongan

LOTIM, Lomboktoday.co.id—Petani tembakau virginia di Lombok Timur dilarang keras untuk menggunakan bahan bakar minyak (BBM) jenis Solar dan Premium untuk omprongan tembakau virginia. Karena dalam aturannya, tidak dijelaskan bila Solar dan Premium itu boleh digunakan untuk omprongan tembakau.

Penggunaan BBM Solar dan Premium sudah ditentukan oleh pemerintah seperti kendaraan umum, kendaraan roda dua maupun lainnya. ‘’Tidak ada rekomendasi penggunaan Solar dan Premium untuk omprongan tembakau virginia sebagai bahan bakarnya,’’ tegas Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Hutbun) Lotim, Lalu Wirentanus kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (10/6).

Wirentanus mengatakan, bahan bakar alternatif yang boleh dipergunakan petani tembakau virginia sebagai bahan bakar omprongan tembakau, setelah pemerintah mencabut pemberian subsidi minyak tanah untuk omprongan tembakau, yakni batu bara, cangkang sawit, cangkang kemiri, LPG dan kayu yang tidak melanggar sesuai Perda yang ada di Lotim. Sehingga, hal ini harus diperhatikan oleh para petani tembakau virginia di Lotim, untuk mentaati apa yang menjadi kebijakan pemerintah mengenai masalah bahan bakar untuk omprongan tembakau virginia yang setiap tahun menjadi masalah bagi petani tembakau virginia.

‘’Mengingat jatah minyak tanah tidak disiapkan lagi untuk omprongan tembakau, maka harus menggunakan bahan bakar alternatif lainnya, agar tidak melakukan pelanggaran,’’ ungkapnya.

Wirentanus yang juga mantan Kadis Pertanian dan Peternakan Lotim ini menjelaskan, untuk petani binaan, yang menyiapkan bahan bakar untuk omprongan tembakau virginia yakni perusahaan mitranya. Tentunya dengan mengacu pada perjanjian yang telah mereka lakukan sebelummya. Walau demikian, petani tembakau juga bisa mengadakan sendiri bahan bakar omprongan tembakaunya. Dimana, dalam pembelian bahan bakar apa yang paling tepat digunakan untuk omprongan tembakau, itu bisa dikoordinir oleh kelompok petani itu sendiri.

‘’Kami imbau kepada petani tembakau untuk memanfaatkan bahan bakar alternatif lainnya yang digunakan nanti sebagai bahan bakar omprongan tembakau virginia,’’ jelasnya.(sr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *