Lotim Gagal Raih Piala Adipura

LOTIM, Lomboktoday.co.id—Pemerintah Kabupaten Lombok Timur ternyata gagal meraih Piala Adipura tahun 2013 ini, setelah tahun 2012 lalu juga mengalami hal serupa. Padahal, Pemkab Lotim telah berjuang dengan segala kemampuannya untuk meraih Piala Adipura tersebut, tapi tidak berhasil.

Sampai saat ini, Pemkab Lotim hanya mampu mempertahankan Piala Adipura selama enam kali berturut-turut dari sejak tahun 2006 lalu sampai tahun 2011 lalu. Dan di Propinsi NTB, yang memperoleh Piala Adipura hanya Kota Mataram dan Bima.

Kepala Badan Lingkungan Hidup dan Penamanan Modal (BLHPM) Lotim, H Raden Mulyanto Tejo Kusumo saat di konfirmasi via polselnya, Senin (10/6) mengakui bila pihaknya belum menerima pengumuman secara resmi dari pusat mengenai masalah Piala Adipura tersebut. Cuma, pihaknya mengetahuinya kalau Lotim gagal meraih Piala Adipura dari media massa. ‘’Yang penting kita sudah berusaha dengan maksimal mungkin untuk meraih kembali Piala Adipura di bidang kebersihan itu. Kalau memang Lotim gagal meraih Piala Adipura tahun ini, tentunya hal itu akan menjadi evaluasi kami kira-kira dimana tempatnya gagal untuk kami perbaiki nantinya,’’ katanya.

Di tempat terpisah, Kepala Kantor Tata Kota dan Kebersihan Lotim, H Said Ildan mengatakan, pihaknya juga telah berjuang maksimal dengan melakukan berbagai pembenahan yang masih kurang dalam penilaian tersebut. Tapi, dari tingkat penilaian sebelumnya pada tahun ini, ada kenaikan prosentase penilaian yang menjadi pengaruh dalam meraih Piala Adipura tahun ini. Begitu juga tingkat kesadaran masyarakat untuk memelihara kebersihan lingkungan, juga masih belum maksimal.

‘’Untuk lebih jelasnya, silakan tanya langsung ke leading sector yang menangani masalah ini yakni BLHPM Lotim agar informasinya lebih valid. Kalau kami yang berbicara nanti, tentunya ada ketersinggungan dari leading sector yang menangani masalah penilaian Adipura itu,’’ ungkapnya.(sr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *