Semua Desa/Kelurahan di Lotim Punya Petugas Penyuluh

LOTIM, Lomboktoday.co.id—Sebanyak 254 desa/kelurahan di Kabupaten Lombok Timur telah mempunyai petugas penyuluh, baik pertanian, peternakan, perikanan, kehutanan maupun perkebunan.

Dengan adanya petugas penyuluh itu, setidaknya bisa membantu para petani dan masyarakat di Lotim dalam memberikan pemahaman dan pengertian terhadap berbagai hal yang dikeluhkan masyarakat selama ini. ‘’Alhamdulillah, semua desa/kelurahan sudah dilengkapi dengan petugas penyuluh,’’ kata Kepala Badan Pelaksana Penyuluh Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP4K) Kabupaten Lotim, HL Makruf kepada wartawan di kantor bupati Lotim, Rabu (12/6).

Makruf menyebutkan jumlah petugas penyuluh yang ada di desa/kelurahan itu. Yakni penyuluh pertanian dan peternakan sebanyak 156 orang, penyuluh kehutanan sebanyak 21 orang, penyuluh perikanan sebanyak 24 orang dan 86 orang petugas penyuluh tenaga lapangan.

Para petugas penyuluh diminta untuk menjalankan tugas dan tanggungjawabnya dengan profesional. Yakni dengan melakukan penyerapan terhadap berbagai persoalan yang dihadapi para petani maupun warga lainnya, guna mencarikan solusi yang terbaik atas masalah yang dihadapinya.

‘’Setiap hari, semua petugas penyuluh turun ke lapangan untuk menyerap masalah yang dihadapi masyarakat. Dalam bekerja, semua petugas penyuluh telah memiliki biaya yang berasal dari pusat,’’ ungkapnya.

Makruf menjelaskan, pada musim tanam tembakau tahun ini, keberadaan petugas penyuluh lapangan sangat dibutuhkan para petani tembakau. Terutama dalam memberikan bimbingan dalam melakukan penanaman tembakau yang baik, sehingga hasilnya juga akan menjadi baik. Seperti memberikan pemahaman mengenai masalah pengolahan tanah, benih dan pemupukan yang teratur, agar tanaman tembakau milik petani bisa tumbuh dengan baik tanpa adanya kerusakan dalam tanaman tembakau tersebut.

‘’Para petugas penyuluh langsung terjun ke lapangan mendampingi petani, agar mereka bisa memahami dengan baik terhadap cara sukses untuk menghasilkan tanaman tembakau maupun padi serta lainnya yang menguntungkan petani. Saya mengimbau kepada para petani tembakau untuk menggunakan bahan bakar alternative lainnya untuk omprongan tembakau,’’ ujarnya.(sr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *