SMKN 2 Mataram Juara I LPI Kota Mataram

MATARAM, Lomboktoday.co.id—Tim SMK Negeri 2 Mataram berhasil meraih juara pertama Liga Pendidikan Indonesia (LPI) Kota Mataram tahun 2013, mengalahkan tim SMK Negeri 3 Mataram pada laga final LPI Kota Mataram tingkat SMA/sederajat yang diselenggarakan di Lapangan Lawata Gomong Mataram pada Rabu kemarin (12/06).

Laga final yang digelar di bawah guyuran hujan itu menandai telah berakhirnya gelaran Liga Pendidikan Indonesia Kota
Mataram tahun 2013, yang dirangkaikan dengan acara penutupan oleh Kepala Dinas Dikpora Kota Mataram, Ruslan Effendi mewakili Walikota Mataram, H Ahyar Abduh, sekaligus pembubaran kontingen Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Kota Mataram 2013.

Dalam laporan penyelenggaraannya, Ketua Panitia Penyelenggara , B Karo-Karo menjelaskan, LPI yang dilaksanakan serempak dengan agenda Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Kota Mataram tahun pembinaan 2013 ini, merupakan sebuah kegiatan tahunan yang digelar sebagai uji prestasi dan kompetisi bagi siswa berbakat olahraga, khususnya olahraga sepakbola, di Kota Mataram, dengan memperebutkan piala Walikota Mataram, Dinas Dikpora dan PSSI Kota Mataram. Selain itu, disediakan pula uang pembinaan sebesar Rp20 juta. ‘’Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Kementerian Pendidikan Nasional, Kementerian Pemuda dan Olahraga, serta PSSI,’’ kata Karo-Karo di hadapan peserta liga dan tamu undangan yang menghadiri acara penutupan LPI Kota Mataram 2013.

Sementara itu, dalam sambutan tertulis Walikota Mataram yang dibacakan Kepala Dinas Dikpora Kota Mataram, Ruslan Effendi, mengatakan, agenda LPI merupakan agenda nasional yang merupakan ajang pembinaan bakat dan prestasi bagi pemain usia muda yang berbasis sekolah. Liga ini juga merupakan seleksi awal untuk persiapan penyelenggaraan turnamen yang lebih besar, Piala Medco dan Piala Suratin. ‘’LPI merupakan sebuah turnamen yang strategis untuk dilakukannya pembinaan dan peningkatan prestasi yang akan mendorong lahirnya bibit-bibit pesebakbola terbaik di Kota Mataram,’’ katanya.

Sekolah-sekolah yang berhasil menjadi juara LPI Kota Mataram tahun pembinaan 2013 adalah sebagai berikut; untuk tingkat SMA/sederajat, juara pertama diraih oleh tim LPI SMKN 2 Mataram, juara kedua SMKN 3 Mataram, juara ketiga SMKN 8 Mataram dan juara harapan oleh tim LPI SMAN 1 Mataram. Sedangkan untuk tingkat SMP/sederajat, juara pertama diraih oleh tim LPI SMPN 2 Mataram, juara kedua SMPN 7 Mataram, juara ketiga MTsN 1 Mataram, dan juara harapan SMPN 6 Mataram. Selain tim juara, diputuskan pula top scorer untuk tingkat SMA/sederajat yang diraih oleh Muh Marwan Yasin dari SMKN 3 Mataram, sedangkan untuk tingkat SMP sederajat oleh Ali Akbar Sang Aji dari SMPN 7 Mataram.(ar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *