BP PAUDNI Kembangkan Keahlian Ternak Kambing

MATARAM, Lomboktoday.co.id—Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini Non Formal dan Informal (BP PAUDNI) Regional V Bali-NTB menggandeng Program Pasca Sarjana Fakultas Peternakan Universitas Mataram (Unram) untuk mengembangkan life skill (keterampilan) beternak kambing jenis Etawa. Pengembangan model untuk kambing ternak ini akan diujicoba pada dua kelompok di Kabupaten Sumbawa.

‘’BP Paudni Regional V Bali-NTB akan membentuk model keterampilan bagi masyarakat dibidang peternakan untuk menjadi pilot projek program pada tahun 2013 ini,’’ kata Kepala Seksi Data dan Informasi BP PAUDNI Regional V Bali-NTB, H Kheruddin di Mataram.

Pengembangkan model life skill ternak kambing jenis Etawa itu akan dilakukan di Dewa Sampa Kecamatan Teriwis dan Desa Pelat Kecamatan Batu Lanteh, Kabupaten Sumbawa, NTB.

Kheruddin mengatakan, BP PAUDNI Regional V Bali-NTB selaku lembaga vertikal dari Direktorat Jenderal Paudni Kemendikbud RI yang menangani pengembangan model keterampilan atau life skill terus membuat terobosan dalam rangka memberdayakan masyarakat, sehingga mendapatkan keterampilan yang mampu meningkatkan taraf kehidupan menjadi lebih baik alias sejahtera.

Menurut Kheruddin, kerjasama dengan Unram ini sebagai salah satu bentuk program untuk memberikan keterampilan kepada masyarakat agar nantinya bisa melaksankan usaha ternak serupa untuk dikembangkan lebih baik.

Sementara itu, Ketua Himpunan Mahasiswa Pasca Sarjana Fakultas Peternakan Unram, Alimuddin mengatakan, program pengembangan model life skill ternak kambing Etawa akan berjalan selama enam bulan dan diintegrasikan dengan penanaman pepaya.

Sebab, program ternak terintegrasi tersebut akan sangat menguntungkan bagi masyarakat dalam hal ini peternak, karena kedua limbah tersebut bisa dimanfaatkan. Limbah kotoran ternak kambing dijadikan pupuk tanaman pepaya, sementara limbah pepaya bisa dijadikan makanan untuk ternak kambing. ‘’Kami optimis program ini akan memberi dampak yang baik bagi peternak,’’ ujarnya.(mn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *