Relokasi Warga Gili Sunut Hampir 70 Persen

LOTIM, Lomboktoday.co.id—Hingga saat ini, rekolasi warga Gili Sunut ke Teranjah-Anjah, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur, sudah mencapai 70 persen dari jumlah warga Gili Sunut yang ada mencapai 114 KK. Karena ada penambahan jumlah KK dari sebelumnya 109 KK, lantaran ada yang sudah menikah.

‘’Warga Gili Sunut yang sudah pindah ke tempat relokasi mencapai 70 persen,’’ kata Camat Jerowaru, Purnama Hadi kepada wartawan di kantor Dinas ESDM, PP Lotim, Senin (17/6).

Purnama Hadi mengatakan, terhadap masyarakat yang belum pindah, tentunya mereka masih menunggu jaringan listrik terpasang oleh Dinas ESDM, PP Lotim, yang akan menggunakan Pusat Listrik Tenaga Surya (PLTS). Tapi, untuk warga Gili Sunut yang sudah pindah ke tempat rekolasi tersebut, sementara penerangannya dilakukan menggunakan lampu pijar maupun diesel. Sedangkan fasilitas lainnya, sudah dibangun seperti sarana pendidikan, ibadah maupun bak mandi. ‘’Tinggal menunggu jaringan listrik saja baru mereka pindah semuanya. Masalah rumah, semuanya sudah jadi, tinggal ditempati oleh warga Gili Sunut,’’ ungkapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Energi Dinas ESDM, PP Lotim, HL Ramdana mengatakan, untuk masalah PLTS sudah dilakukan tender dan pemenanganya sudah ada. Tinggal mereka bekerja untuk melakukan pemasangan jaringan di lokasi Gili Sunut. Total anggaran untuk tender PLTS di Gili Sunut itu sebesar Rp1,850 miliar, dengan kekuatan daya sebesar 15 KW, sehingga tidak ada masalah lagi.

‘’Insya Allah pada pertengahan bulan September 2013 mendatang, sudah rampung pembangunan PLTS tersebut, karena kontraknya dari tanggal 13 Juni sampai 13 September 2013 mendatang,’’ ungkapnya.(sr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *