Lebih 5.000 Rumah Rusak akibat Gempa di Lombok Utara

ilustrasi

MATARAM, Lomboktoday.co.id Sekitar 5.370 unit rumah penduduk di Kabupaten Lombok Utara, rusak akibat gempa berkekuatan 5.4 skala richter yang terjadi Sabtu siang (22/6). Tercatat 49 orang luka-luka, dan ratusan jiwa masih mengungsi hingga Minggu siang (23/6).

ilustrasi
ilustrasi

“Hari ini kita sudah rapat koordinasi dengan Pemda Lombok Utara, untuk pendataan korban dan penyaluran bantuan darurat. Sebagian bantuan sudah tersalur sejak Sabtu malam,”kata Kepala Dinas Sosial Kependudukan dan Catatan Sipil NTB, Drs Bachruddin S.Sos, Minggu (23/6).

Lombok Utara merupakan Kabupaten di NTB yang terletak sekitar 50 Km dari Kota Mataram, ibukota NTB.

Berdasarkan pendataan pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB dan Dinas Sosial NTB, papar Bachruddin, jumlah rumah yang rusak mencapai 5.370 unit tersebar di 10 Desa di 3 Kecamatan yakni Kecamatan Pemenang, Tanjung, dan Gangga, Lombok Utara.

Dari jumlah tersebut tercatat 425 rumah rusak berat, 1.858 rusak sedang, dan 3.087 rusak ringan.

Selain itu gempa juga mengakibatkan 17 masjid rusak sedang, 19 Mushola rusak sedang dan berat, satu unit sekolah TK, dan 4 unit SD juga rusak.

“Korban luka-luka tercatat 40 lebih, 5 diantaranya luka berat tetapi sudah ditangani di RS terdekat di Lombok Utara. Belum tercatat ada korban jiwa sampai hari ini, sebagian besar masyarakat di tiga kecamatan terdampak, masih mengungsi tinggal di tenda darurat dan berugak (semacam bale-bale dari kayu), karena khawatir akan terjadi gempa susulan,” katanya.

Berdasarkan data BMKG NTB, gempa berkekuatan 5.4 SR, terjadi sekitar pukul 13.42 WITA berlokasi di 8.43 Lintang Selatan – 116.04 Bujur Timur, atau sekitar 14 KM Barat Laut, Lombok Barat, NTB dengan kedalaman 10 Km.(gra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *