Mataram Siapkan Rencana Aksi Lima Menit Hijaukan Kota

MATARAM, Lomboktoday.co.id–Dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Pemerintah Kota Mataram berencana menggelar aksi lima menit menghijaukan Kota Mataram. Rapat persiapan digelar Sabtu (21/6) di ruang Kenari kantor Walikota Mataram yang dipimpin Assisten II Perekonomian dan Pembangunan, H Effendi Eko Saswito didampingi Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Mataram, M Saleh.

Puncak aksi lima menit menghijaukan Kota Mataram, akan digelar tanggal 29 Juni 2013 yang dipusatkan di Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kelurahan Pagutan Timur.

Effendi Eko Saswito mengatakan, peringatan hari lingkungan hidup sedunia dikemas berbeda dibandingkan tahun-tahun
sebelumnya. Kegiatan harus digelar lebih massal, sehingga mencerminkan rasa syukur karena Kota Mataram berhasil meraih Adipura. Selain melibatkan seluruh karyawan karyawati Pemkot Mataram, kegiatan penanaman pohon rencananya dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Kota Mataram. Untuk itu, kata Asisten II, seluruh kelurahan harus terlibat melakukan aksi penanaman pohon di wilayahnya masing-masing.

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Mataram M Saleh menjelaskan, peringatan hari lingkungan hidup sedunia tingkat Kota Mataram mengambil tema lima menit hijaukan Kota Mataram, dengan program aksi melakukan penanaman pohon. Kegiatan lain adalah lomba desain kerajinan berbahan baku sampah plastik. ‘’Kegiatan akan diikuti semua kelurahan se-Kota Mataram,’’ kata Saleh.

Khusus penanaman di RTH Pagutan Timur, sebanyak 1.000 bibit akan disiapkan. Penanaman juga akan dilakukan pada lokasi-lokasi yang ditentukan oleh pihak kelurahan, dengan jenis bibit yang disiapkan adalah kenari, trembesi dan mahoni.

Saleh mengatakan, hari lingkungan hidup sedunia diperingati setiap tanggal 5 Juni. Secara nasional, puncak peringatan dihelat tanggal 10 Juni bersamaan dengan penyerahan anugerah di bidang lingkungan hidup. Salah satunya penganugerahan Piala Adipura yang diraih Kota Mataram. ‘’Tema internasional peringatan hari lingkungan hidup sedunia adalah, merubah perilaku dan pola konsumsi untuk selamatkan lingkungan,’’ ujarnya.(mn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *