Hari Pertama PPDB Online di Mataram Amburadul

MATARAM,Lomboktoday.co.id – Hari pertama pelaksanaan penerimaan siswa baru secara online di Kota Mataram, Senin (24/6) berjalan amburadul. Pasalnya, perangkat internet yang disiapkan Pustekom Kemendikbud tidak bisa diakses oleh calon siswa yang akan mendaftar.

Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online yang diikuti sebanyak 40 sekolah negeri di Kota Mataram mulai dari jenjang SMP, SMA dan SMK Negeri pada hari pertama tidak berjalan seperti yang kebijakan Dinas Dikpora Kota Mataram.

Ratusan calon siswa yang diantar oleh orang tua /wali murid untuk mendaptar di SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 15 Mataram secara online harus antri berjam –jam dari pukul 07.30 hingga siang hari. Ratusan pedaftar di SMPN 15 dan SMPN 1 Mataram terpaksa kecewa setelah mengetahui kesiapan panitia dalam hal ini Dinas Dikpora Kota Mataram yang menggandeng Pustekom Kemendikbud RI tidak bisa diakses oleh para pendaftar.

Semrawutnya pelaksanaan PPDB online sekolah di Mataram tak terlepas dari kebijakan Dinas Dikpora Kota Mataram yang semakin mundur dari tahun sebelumnya. Jika tahun 2012 lalu PPDB online, para calon siswa bisa mendaftar secara online di mana saja, baik itu di rumahnya, warung internet (warnet) dan lainnya. Tapi pada pelaksanaan PPDB online tahun 2013 ini, calon siswa bersama wali murid harus datang ke sekolah dan melakukan proses pendaftaran secara online di sekolah tersebut.

Ratusan calon siswa yang akan mendaftar secara online di SMK Negeri 9 Mataram juga terlihat kecewa karena sudah menunggu berjam jam, namun sistem pendaftaran online tidak bisa diakses. Hingga pukul 12.00 Wita, pihak SMK Negeri 9 Mataram menyampaikan kepada para calon siswa yang akan mendaftar untuk meninggalkan berkasnya di sekolah dan kembali lagi ke esokan harinya.

“Tadi ratusan pendaftar kami suruh pulang saja, karena perangkat internet tidak bisa diakses. Mereka kembali kami suruh besok datang untuk mendaftar secara online di sekolah,” kata Kepala SMK Negeri 9 Mataram, Ridwan, Senin (24/6).

Penerimaan siswa baru secara online di Kota Mataram dilaksanakan dari tanggal 24-27 Juni 2013. Dinas Dikpora Kota Mataram menggandeng Pusat Telekomunikasi (Pustekom) Kemendikbud RI untuk menyiapkan perangkat server dan semua yang menyangkut PPDB online di sekolah negeri di Kota Mataram.
Sekolah di Kota Mataram yang menerima siswa secara online adalah sekolah negeri yang bernaung di bawah Kemendikbud RI.  Sebanyak 40 sekolah negeri di Kota Mataram menerima siswa baru dengan mendaftar online. Dari 40 sekolah negeri itu, diantaranya 23 SMP Negeri, delapan SMA Negeri dan Sembilan SMK Negeri.

Pengawas pendidikan Dinas Dikpora Kota Mataram, Faesal mengakui amburadulnya pelaksanaan PPDB online tahun 2013 ini.

“Beberapa sekolah yang saya datangi mengeluhkan sistem PPDB online tahun ini. PPDB online dari tahun ke tahun semakin mundur, bukannya semakin baik, tapi justru semakin kacau,” ujarnya. mn

Response (1)

  1. Kok hanya diberitakan hari pertama saja? Bagaimana dengan hari berikutnya dan hasil akhir?
    Saya pikir cukup baik untuk tahun ini, meskipun agak berbeda mekanismenya dengan tahun lalu. Tidak seheboh yang diberitakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *