Walikota Tutup Bimbingan Manasik Haji Gratis

IPHI AWARD: Walikota Mataram, H Ahyar Abduh yang juga menjabat Ketua Umum IPHI Kota Mataram menerima IPHI Award yang telah diberikan pimpinan pusat IPHI.
IPHI AWARD: Walikota Mataram, H Ahyar Abduh yang juga menjabat Ketua Umum IPHI Kota Mataram menerima IPHI Award yang telah diberikan pimpinan pusat IPHI.
IPHI AWARD: Walikota Mataram, H Ahyar Abduh yang juga menjabat Ketua Umum IPHI Kota Mataram menerima IPHI Award yang telah diberikan pimpinan pusat IPHI.

MATARAM, Lomboktoday.co.id—Penyelenggaraan bimbingan manasik haji gratis yang digelar Pemkot Mataram kerjasama dengan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kota Mataram, resmi ditutup Walikota Mataram, H Ahyar Abduh, di aula kantor Walikota Mataram, Rabu (26/6).

Hadir dalam kesempatan itu, jajaran pengurus IPHI Kota Mataram, kepala SKPD lingkup Pemkot Mataram serta seluruh Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kota Mataram.

Sebelum memulai sambutan, Walikota Mataram, H Ahyar Abduh yang juga menjabat Ketua Umum IPHI Kota Mataram menerima IPHI Award yang telah diberikan pimpinan pusat IPHI.

Keberhasilan meraih IPHI Award, kata Walikota Ahyar Abduh, merupakan prestasi membanggakan, karena IPHI Kota Mataram dinilai berhasil dalam pengelolaan manajemen kelembagaan termasuk memberikan perhatian khusus kepada seluruh JCH. Salah satu bentuknya dengan menggelar bimbingan manasik haji gratis setiap tahun.

‘’Bimbingan manasik haji merupakan kegiatan rutin agar JCH sejak jauh-jauh hari memiliki persiapan untuk menjalani ibadah haji. Persiapan bukan hanya fisik dan mental, tapi juga persiapan yang menyangkut agenda wajib selama menjalankan ibadah haji,’’ katanya.

Ahyar Abduh menambahkan, bimbingan manasik haji gratis murni dilakukan, agar JCH mendapat keringanan dalam melakukan persiapan-persiapan sebelum berangkat haji. ‘’Kegiatan ini bentuk komitmen Pemkot Mataram, sehingga seluruh JCH diberi kelancaran saat menjalankan ibadah haji. Sekembalinya nanti akan menjadi haji yang mabrur,’’ ungkapnya.

Kepada JCH yang batal berangkat karena kebijakan pemotongan kuota haji sebesar 20 persen, Walikota mengimbau kepada para JCH agar bersabar. Para JCH tersebut mendapat prioritas untuk berangkat di tahun berikutnya. ‘’Pemangkasan kuota haji merupakan keputusan pemerintah pusat, dalam hal ini Kementrian Agama RI,’’ ujarnya.

Sementara itu, Ketua IPHI Kota Mataram, H Husnan Ahmadi menjelaskan, bentuk pelayanan IPHI Kota Mataram kepada JCH dilakukan sejak sebelum berangkat, selama pelaksanaan ibadah haji hingga pasca haji. ‘’Pemkot Mataram bersama IPHI berkomitmen untuk memperhatikan kesiapan JCH, sekaligus sebagai bentuk tanggungjawab pemerintah daerah agar pelayanan haji betul-betul berjalan maksimal,’’ kata Husnan.

Untuk diketahui, bimbingan manasik haji gratis dilakukan dalam 12 kali pertemuan yang dilaksanakan pada empat masjid besar di Kota Mataram. Kegiatan diakhiri dengan praktek lengkap manasik haji pada 20 Juni 2013 lalu bertempat di Asrama Haji. ‘’Penyelenggaraan manasik haji dilakukan sejak 22 Mei lalu hingga 22 Juni 2013, yang diikuti oleh seluruh JCH Kota Mataram, bahkan adapula JCH asal luar Kota Mataram. Kegiatan ini gratis dan sepenuhnya dibiayai Pemkot Mataram,’’ ungkap Ketua Panitia Bimbingan Manasik Haji Gratis, H Hasbah.(ar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *