Penambangan Emas Liar akan Ditertibkan

LOTENG,Lomboktoday.co.id – Pemda Lombok Tengah akan menertibkan praktik penambangan emas liar di wilayahnya, serta menutup usaha-usaha gelondongan yang ada. Hal itu dilakukan berdasarkan Perda tahun 2007 Pemda setempat yang menyatakan kawasan Lombok Tengah bukan untuk kawasan pertambangan emas.

“Pemda akan menutup usaha gelondongan emas tersebut karena sudah jelas dalam aturan kalau wilayah Lombok Tengah bukan untuk lokasi penambangan emas,” kata Kepala Dinas PU dan ESDM Lombok Tengah, Lalu Rosyidi.

Rosyidi menjelaskan, tim penertiban pernah turun ke lokasi penambangan emas liar di kawasan Pringgarata, namun upaya penertiban gagal lantaran mendapat penolakan dari warga dan para pemburu emas.

“Beberapa hari lalu kita sudah turun, tapi tidak sampai lokasi lahan penambangan karena kita dihadang oleh warga,” katanya.

Warga yang menghadang, menurutnya, mempertahankan agar praktik itu tidak ditutup karena hal itu merupakan satu-satunya mata pencaharian mereka.

“Mereka minta supaya tidak ditutup, sehingga kita harus matang-matang dalam melakukan penutupan,” katanya.

Ditambahkan, surat edaran dari wakil Bupati Lombok Tengah sudah diedarkan kepada masyarakat di sana mereka, agar masyarakat bisa memahami dan mau menutup praktik penambangan

emas liar itu. Saat ini pihaknya tengah mengevaluasi hasil penertiban itu dan akan menyusun jadwal kembali untuk penertiban selanjutnya.

“Pola penutupan akan kita lakukan dengan pendekatan ke tokoh-tokoh masyarakat di daerah tersebut. Saya berharap dari desa juga tolong selesaikan kalau ada hal-hal yang akan jadi
masalah sebelum berkembang banyak supaya diselesaikan,” tandasnya. ROS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *