Harga Cabe Meroket di Awal Ramadhan

Ilustrasi/lomboktoday

LOTENG,Lomboktoday.co.id – Harga cabe di pasaran meroket tinggi memasuki awal Ramadhan ini. Sejumlah harga komoditi lainnya juga bergerak naik di sejumlah pasar tradisional di Lombok Tengah.

Pantauan Lomboktoday di pasar Renteng Praya, Selasa (9/7), harga cabe rawit melambung tinggi dari Rp40-Rp50ribu perkilogram, kini menjadi Rp90-100ribu per Kg. Harga tomat juga bergerak naik dari Rp12 ribu per Kg menjadi Rp18 ribu per Kg. Komoditi ayam potong naik dari Rp35ribu per Kg menjadi Rp39-45 ribu per Kg. Kenaikan masih wajar untuk komoditi daging Sapi dari Rp85 ribu per Kg menjadi Rp90 ribu per Kg.

‘kenaiakan harga danging ayam terjadi sejak tiga hari yang lalu, baru kali ini harga daging ayam paling tinggi mencapai Rp 45 ribu perkilonya. Ramadhan tahun lalu harga daging ayam paling tinggi mencapai Rp35 ribu perkilo,” kata Linda (30), salah seorang pedagang di pasar Renteng.

Harga Sembako juga merangkak naik, terutama untuk komoditi beras. Di pasar Renteng harga beras kualitas super mencapai Rp7.500 per Kg, sementara sebelumnya hanya Rp7 ribu per Kg. Komoditi minyak goreng dan gula pasir juga naik rata-rata Rp1.000, minyak goreng yang tadinya Rp10 ribu perKg menjadi Rp11 ribu, sementara gula pasir dari Rp11ribu menjadi Rp12 ribu per Kg.

Dikonfirmasi terpisah, Kabid Perdagangan pada Dinas Koperindag Lombok Tengah, Rini menjelaskan, kenaikan harga sejumlah komoditi di pasaran itu bukan saja disebabkan permintaan yang meningkat di awal Ramadhan ini, tetapi juga karena dampak kenaikan harga BBM.
“Memang ada kenaikan harga sejumlah komiditi, tetapi masihb dalam tahap kewajaran. Kami selalu memantau termasuk ketersediaan stok. Untuk stok kami rasa masih memenuhi,” katanya. ROS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *