Ribuan PNS Lombok Timur Belum Terima Gaji 13

LOTIM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilingkup Pemerintah Kabupaten Lombok Timur (Pemkab Lotim) yang berjumlah belasan ribu mempertanyakan mengenai gaji ke-13 yang belum dicairkan, sementara PNS yang berada di kabupaten/kota lainnya di NTB telah menerima gaji ke-13 tersebut.

Sebelumnya dari Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (PPKA) Lotim menjanjikan kalau gaji ke-13 tersebut akan dicairkan kepada PNS bersamaan dengan pembayaran kekurangan gaji tujuh persen tersebut. Akan tetapi dalam realisasinya hanya pembayaran kekurangan gaji saja yang telah diterima PNS di Lotim.

“Masak PNS yang ada di luar Kabupaten Lotim sudah menerima gaji ke-13, sedangkan kami belum menerimanya, sehingga inilah yang menjadi pertanyaan kami alasan belum diberikan,” keluh PNS di Lotim kepada Lomboktoday.co.id di kantor Bupati Lotim, Selasa (9/7).

Mereka mengaku tidak habis pikir kenapa kabupaten Lotim selalu terlambat untuk memberikan kekurangan gaji tujuh persen yang seharusnya diterima bulan Mei lalu. Akan tetapi dalam realisasinya justru cair minggu pertama bulan Juli. Sementara gaji ke-13 mengalami keterlambatan dalam pencairan. Karena hingga saat ini belum ada kepastian yang jelas mengenai kapan dicairkan gaji ke-13 tersebut.  Kini semua PNS sangat menunggu untuk cairkan, seiring dengan keperluan biaya sekolah anak pada tahun ajaran baru ini.

“Kami tidak habis pikir kenapa gaji ke-13 tahun ini mengelami keterlambatan, sedangkan pada tahun yang sudah-sudah pemberian gaji ke-13 tetap pada waktunya,” ujar seorang PNS seraya mengatakan dari dinas PPKA Lotim tidak memberikan alasan yang jelas kenapa gaji ke-13 PNS terlambat pencairannya.

Kabag Humas dan Protokol Pemkab Lotim, M Iswan Rachmadi saat dikonfirmasi mengatakan pemerintah daerah tetap akan membayarkan gaji ke-13 PNS. “Namun kepastiannya tentunya saya akan komunikasikan dengan Dinas PPKA Lotim mengenai kejelasan pencairan gaji ke-13 bagi PNS di Lotim. Saya sudah hubungi Kabid di Dinas PPKA Lotim yang menangani masalah ini, dengan tetap akan dicairkan, akan tetapi tidak memberikan penjelasan secara rinci kapan akan dicairkan,” terang Iswan Rachmadi.(sr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *