Bupati Bentuk Tim Penagih DBHCHT

523

LOTENG, Lomboktoday.co.id—Bupati Lombok Tengah, HM Suhaili FT membentuk tim penagih untuk melakukan penagihan terhadap macetnya kredit dana bergulir pada program Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) di tingkat petani yang ada di Kabupaten Lombok Tengah. Hal itu dilakukan, kata Suhaili, mengingat DBHCHT itu menjadi masalah bersama yang harus segera diselesaikan.

‘’Terkait masalah penagihan DBHCHT itu, kita akan terus benahi sistemnya di tingkat bawah. Tim penagih yang kita bentuk itu, mereka akan melakukan penagihan, sehingga diharapkan nantinya bisa memenuhi target,’’ kata Suhaili FT kepada wartawan di kantor DPRD Lombok Tengah, Selasa (23/07).

Menurut Suhaili, seyogyanya dari awal pihaknya ingin memperbaiki system penyaluran DBHCHT itu kepada para petani. Tapi mengingat juklak dan juknisnya sudah ada dari Pemerintah Propinsi NTB, sehingga hal itu urung dilakukan.

Dimana, dalam juklak dan juknis tersebut, pihak perbankan hanya menyalurkan dana tersebut tanpa adanya persyaratan jaminan atau agunan yang harus dikeluarkan oleh para petani dalam memperoleh dana kredit DBHCHT tersebut. Sehingga, hal ini yang mempengaruhi terjadinya kemacetan di dalam pengembaliannya.

Jika saja sistemnya diperbaiki dari sejak awal. Artinya, bila ada jaminan atau agunan di dalam proses pencairan DBHCHT itu, maka diyakini pasti dalam pengembaliannya dari tingkat petani itu tidak akan terjadi kemacetan.

‘’Saya berharap agar target penagihan DBHCT yang akan dilakukan oleh tim penagih ini bisa tercapai sebelum batas waktu penagihan yang tinggal hanya satu tahun lagi,’’ harapnya.(ROS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here