Dikes KLU Komit Penuhi Kebutuhan Polindes

dr Benny Nugroho

KLU, LOMBOKTODAY.CO.ID — Sebagai salah satu upaya mengoptimalkan kualitas pelayanan kesehatan, Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Utara (Dikes KLU) siap merealisasikan pembangunan sejumlah fasilitas pendukung. Mulai dari Pukesmas, Polindes hingga Pustu dengan memperioritaskan daerah-daerah terpencil.

‘’Salah satu program prioritas kami tahun 2013 ini adalah membangun gedung Polindes, termasuk Pustu dan Puskesmas. Ini untuk memudahkan masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan hingga ke tingkat desa,’’ kata Kepala Dikes KLU, dr Benny Nugroho kepada Lomboktoday.co.id di ruang kerjanya, Selasa (23/07).

Sejauh ini, kata Benny, dari 33 desa yang ada di lima kecamatan, yang sudah terpenuhi baru 26 unit Polindes. Artinya, bahwa pihaknya harus membangun sembilan unit Polindes, karena idealnya satu desa harus memiliki satu Polindes. Sementara untuk sumber anggaran, akan direalisasikan melalui ABPD tahun 2013  ini.

Pada tahun 2011-20112 lalu, Dikes telah merealisasikan sebanyak empat Puskesmas. Dua diantaranya; dengan kategori Puskesmas pariwisata, masing-masing di Kecamatan Pemenang dan Bayan. Disamping pemenuhan fasilitas pendukung operasional pelayanan, seperti Ambulance serta menyiapkan tenaga kesehatan melalui berbagai program pendidikan.(DNU)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *