Stok Daging Sapi Aman hingga Lebaran

KLU,Lomboktoday.co.id – Dinas Pertanian, Perkebunan, Kelautan, Kehutanan dan Peternakan (DPPKKP) Kabupaten Lombok Utara menjamin ketersediaan stok daging Sapi hingga memasuki Lebaran, bahkan untuk memenuhi kebutuhan dalam setahun ke depan.

“Dengan jumlah populasi pengembangan ternak sapi dan kerbau di KLU saat ini yang mencapai 76 ribu ekor lebih, bisa dipastikan kebutuhan konsumsi masyarakat hingga lebaran bahkan setahun ke depan bisa tercukupi,” tandas Kepala Bidang Peternakan DPPKKP KLU, Adi Wibawa. SP.

Mengacu pada data yang ada, lanjut Adi, rata-rata tingkat konsumsi daging masyarakat di daerah ini hanya sebesar, 422.850 Kg, atau setara dengan 2.819 ekor pertahun. Artinya, angka kebutuhan tersebut terbilang relative lebih rendah jika dibandingkan dengan stok yang tersedia.

Sementara khusus untuk kebutuhan selama bulan Ramadhan hingga lebaran, diperkirakan sekitar 37.500 kg, atau setara dengan 250 ekor sapi. Sementara saat disinggung tingginya harga daging sapi di pasarn dalam 2 minggu terakhir, yang berbanding terbaling dengan klaim pihaknya, diakui Adi kenaikan harga tersebut merupakan ketentuan hukum pasar yang terjadi secara nasional di hampir seluruh Indonesia.

“Memang stok daging tersedia, tapi kenaikan harga sudah menjadi ketentuan pasar. Dan itu terjadi di seluruh daerah Indonesia, terutama saat menjelang memasuki ramahdan kemarin,” pungkasnya. DNU

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *