DKPPK Optimis KLU bakal Surplus Beras

KLU,Lomboktoday.co id – Dinas kelautan, Pertanian, Perkebunan, Kehutanan dan Kelautan (DKPPK) KLU optimis tahun ini akan kembali mengulang capaian positif di sektor pertanian pada tahun 2012 lalu, dengan berhasil mencapai surplus produksi beras.

“Tahun ini kita tetap optimis bisa surplus beras seperti tahun 2012 lalu. Jika mengacu pada jumlah 2,5 kg per ubinan produksi beras yang kita capai, maka KLU mampu melebihi target Provinsi yang hanya sebesar 1 kg per ubinan,” kata Kepala Bidang Pertanian DKPPK KLU, Sabdi. SP.

Untuk mempertahankan hasil capaian positif itu, lanjut Sabdi, pihaknya telah merealisasikan berbagai program peningkatan kapasitas petani di tingkat lapangan, salah satunya memaksimalkan peran tenaga penyuluh di tingkat lapangan hingga pengembangan dan penerapan sisitem teknologi pertanian.

Tahun 2012 lalu, sektor pertanian Lombok Utara mampu memenuhi target produksi Gabah Kering Panen (GKP) hingga mencapai 56. 231, 72 ton (52.185,38 ton setelah dikonversi menjadi Gabah Kering Giling), yang dihasilkan dari 8. 304 hektar sawah di lima kecamatan yang ada di daerah ini.

Keberhasilan tersebut, menjadikan Lombok Utara sebagai daerah Surplus produksi Beras , dengan total produksi mencapai, 33.920,49 Ton. Terjadi Surplus sebanyak 2.231, 33 Ton dari total  kebutuhan beras masyarakat Lombok Utara sebesar 31.689, 16 Ton.

Seperti halnya tahun 2012 lalu, Tahun ini pihaknya juga telah merealisaikan program cetak sawah baru seluas 200 ha. Yang memanfaatkan lahan kering produktif di dua kecamatan, masing-masing kecamatan Gangga dan Kayangan. Diharapkan dari program tersebut, KLU mampu mencapai kemandirian pangan. DNU

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *