KLU Optimis Realisasi Bandar Kayangan

KLU,Lomboktoday.co.id– Pemerintah daerah Lombok Utara mengaku optimis atas rencana pembangunan mega proyek Bandar kayangan di kecamatan kayangan yang diwacanakan pemerintah pusat melalui Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dalam beberapa tahun terakhir.

“Insya Allah kita siap. Walaupun sejauh ini masih sebatas wacana pusat, namun progresnya selama ini menunjukan sinyal positif. Ini satu keuntungan untuk daerah kita ke depan” ungkap Wakil Bupati KLU, H. Najmul Akhyar, kepada lomboktaday saat ditemui diruangannya kemarin.

Stabilitas keamanan daerah juga dinilai najmul menjadi salah satu paktor pendukung yang harus dijaga dalam menyongsong rencana pembangunan proyek senilai lebih dari Rp 20 triliun itu. Meski diakui najmul pihaknya belum melakukan pembahasan secara spesifik terhadap wacana pembangunan tersebut.

Seperti yang diketahui, wacana pembangunan Bandar Kayangan mulai ramai dibicarakan sejak 3 tahun terakhir. Masuknya kawasan laut Lombok Utara sebagai Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) disebut-sebut sebagai alasan pemerintah pusat menyasar KLU sebagai lokasi pembangunan Bandar yang diperkirakan memebutuhkan 1000 ha lebih lahan ini.

Bahkan sebagai respon terhadap realisasi rencana tata ruang nasional itu, melalui APBD murni 2012, Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Daerah  (DPRD) KLU, telah menganggarkan setidaknya Rp 300 juta untuk proses kajian kelayakan kawasan di Kecamatan Kayangan. DNU

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *