Frenly Disambut Haru dan Bahagia di Gerbang Desa Watoone

DESA WATOONE: Gubernur Fransiskus Lebu Raya dan Wakil Gubernur Benny Litelnoni, disambut dalam salah satu ritual adat di gerbang Desa Watoone Sabtu pagi (10/8). [Kopong Gana/Lomboktoday.co.id]

ADONARA, LOMBOKTODAY.CO.ID – Begitu banyak air mata, namun itu bukan air mata duka. Begitu banyak debu yang beterbangan memenuhi udara, namun itu bukan debu  deru peperangan.

Sekitar pukul 09.30 Wita, Jumat, 9 Agustus, rombongan Gubernur dan Wakil Gubernur tiba di pintu gerbang Desa  Watoone, Kecamatan Witihama, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam perjalanan dari Dermaga Ferry Sada pagi itu.

Tak hanya tepuk tangan meriah dan senyum mengembang di bibir. Fransiskus Lebu Raya dan Benny Litelnoni, juga disambut air mata. Tapi itu adalah air mata bahagia. Penyambutan di pintu gerbang dalam suatu ritual adat sebagaimana layaknya menyambut  sang pahlawan yang pulang  dari medan laga dengan penuh kemenangan, berlangsung sangat khusyuk. Tidak hanya warga masyarakat yang tampak terharu dan menitikkan air mata. Gubernur  dan Wakil Gubernur pun tak sanggup menahan rasa haru.

Setelah ritual adat selesai, grup tarian Hedung yang sudah dipersiapkan sejak lama untuk tujuan upacara ini, langsung beraksi  setelah pita di pintu gerbang itu dibuka dan rombongan disambut sejumlah tokoh adat di Desa  Watoone. Rombongan gubernur dan wakil gubernur langsung diarak masyarakat yang tumpah ruah ke jalan menuju Lango Belen di Tobi Puken, Watoone.

Di Watoone telah menunggu orang tua dan tokoh masyarakat maupun tokoh adat lainnya. Dari Watoone, rombongan kemudian dihantar menuju Lango Belen dan disambut Pemangku Adat Desa Watoone Yosep Dasi Jawa.

Upacara  selanjutnya akan digelar syukuran secara adat pada hari ini juga, sedangkan syukuran selanjutnya dengan mengundang tamu undangan dari seluruh penjuru Adonara dan sekitarnya, dijadwalkan besok, yang berlangsung di halaman Kapela St Yoseph Watoone.(ama)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *