Dijajaki, Pipa Bawah Laut untuk Tiga Gili

KLU,Lomboktoday.co.id – Pihak manajemen Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Lombok Utara, tahun ini membuka peluang kerjasama dengan PT Siskem Jakarta dalam rencana pembangunan instalasi pipa bawah laut untuk pendistribusian air bersih menuju kawasan wisata Tiga Gili.

“Beberapa waktu lalu, kami bersama Bupati dan pihak PT Siskem telah melakukan pembahasan terkait rencana kemitraan ini. Namun bagaimana nanti konsep dan sistem kemitraannya belum bisa kita pastikan sekarang,” ungkap Direktur PDAM KLU, H. Suhaili, kepada Lomboktoday, Selasa (13/8).

Meski tak menarget kapan kerjasama itu akan dimulai, namun Suhaili memaparkan rencana konsep kemitraan yang akan disepakati antara ke dua pihak (PDAM KLU dan PT. Siskem), menurutnya, dengan ketersediaan sumber air yang melimpah, PDAM KLU akan bertindak sebagai pihak penyedia pasokan air, sementara PT. Sisikem berkewajiban membangun instalasi jaringan perpipaan bawah laut dari daratan menuju tiga Gili.

“Kita sebagai pihak penyuplai air, sementara mereka (PT.Siskem-red) nantinya yang akan membangun pipa bawah laut. Dalam rencana kerjasama ini juga akan diatur kesepakatan harga dan kewajiban retribusi untuk daerah,” tandasnya.

Sementara, Kepala Desa Gili Indah, M Taufik, mengatakan, kebutuhan masyarakat tiga Gili akan air bersih cukup tinggi, terlebih geliat pariwisata di kawasan ini dari tahun ke tahun terus meningkat, sementara kondisi itu tidak dibarengi ketersediaan jaringan perpipaan air bersih yang memadai.

“Itu rencana positif yang akan memberikan dampak perubahan untuk tiga Gili. Mengingat selama ini masyarakat dan pelaku pariwisata di daerah ini masih memebutuhkan suplai air bersih yang cukup,” paparnya.

Sebelumnya, upaya untuk memenuuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat tiga Gili telah dilakukan tahun 2011 lalu, dengan mulai beroperasinya prusahan penyulingan air laut untuk dikonversi menjadi air tawar. Namun kubikasi yang dihasilkan tidak mencukupi kebutuhan warga bahkan pendistribusian hanya mampu melayani beberapa warga saja. DNU

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *