Kunjungan Wisata Meningkat di Loteng

LOTENG, Lomboktoday.co.id – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Lombok tengah (Loteng), Lalu Putrie mengatakan, tingkat kunjungan wisata terutama wisatawan mancanegara ke wilayah Lombok Tengah terus meningkat.

Sejak pertengahan tahun 2013 hingga saat ini saja, paparnya, sejumlah hotel dan penginapan di kawasan wisata Kuta dan sekitarnya tercatat full booking atau penuh. Sebagian wisatawan sampai harus menginap di rumah-rumah warga setempat.

“Pada Juli lalu, tingkat kunjungan kita memenuhi 72 persen kunjungan wisata nasional, di susul Yogyakarta, dan Sulawesi Selatan. Kita sudah over load,” katanya.

Meski Putrie mengaku pihaknya belum bisa mendata secara riil jumlah kunjungan wisata di Loteng, namun sejumlah indikasi memperlihatkan hal tersebut. Salah satunya dengan penuhnya kamar-kamar hotel yang ada.

“Terkait data riil dan bagaimana mencatat kunjungan, kami akan koordinasi dengan pihak BIL (Bandara Internasional Lombok, red),” katanya.

Lombok Tengah memang memiliki keindahan alam yang sangat eksotis dan menjadi daya tarik bagi wisatawan asing dan domestik.  Sebut saja pantai Kuta di Desa Kuta, Kecamatan Pujut yang panoramanya sangat indah dengan karakter pantai berpasir putih.

Keindahan alam Lombok Tengah kini semakin mudah dieksplor oleh wisatawan sejak BIL di Kecamatan Pujut beroperasi dua tahun lalu. ROS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *