87 Napi dapat Remisi HUT RI

LOTIM,Lomboktoday.co.id – Sebanyak 87 dari 136 orang Narapidana yang menghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Selong, Lombok Timur, memperoleh remisi atau pengurangan masa hukuman dari Pemerintah Republik Indonesia pada HUT RI ke-68.

Sementara untuk narapidana yang tersangkut dengan kasus korupsi sebanyak 3 orang, terkait dengan PP No.99 tahun 2012. Meski sudah diajukan untuk memperoleh remisi, akan tetapi di tolak oleh pemerintah pusat.

Pemberian remisi dilakukan oleh Bupati Lotim, H.M.Sukiman Azmy di Lapas Selong, usai apel peringatan HUT RI. Penyerahan remisi dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Lotim dan pejabat teras Lapas Selong.

Dari 87 narapidana penerima remisi, sebanyak 37 orang memperoleh remisi satu bulan, 27 orang dua bulan, 21 orang tiga bulan dan 2 empat bulan.

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan Bupati Lotim, H.M.Sukiman Azmy, Menteri Hukum dan HAM RI, Amir Syamsuddin mengatakan, pemberian remisi bagi narapidana yang sedang menjalani hukuman merupakan bentuk perhatian negara terhadap narapidana. Remisi dilakukan pada waktu tertentu, seperti halnya remisi khusus yang telah diberikan pada lebaran idul Fitri 1434 Hijriyah dan remisi umum pada peringatan HUT RI ke-68.

“Pemberian remisi tidak lain tujuannya agar semua masyarakat bisa merasakan kemerdekaan bangsa ini,” kata Menteri Hukum dan HAM RI, Amir Syamsuddin dalam sambutannya.

Kepala Rutan Selong, Fikri Jaya Soebing mengatakan, para napi penerima remisi dan yang berhak memperoleh remisi tentunya sudah diseleksi dengan ketat, termasuk kelakuan dan sopan santunya selama menjalani hukuman di lapas Selong.

Ia mengatakan, untuk narapidana korupsi meski sudah diajukan, namun tidak mendapatkan remisi umum ini, sesuai dengan PP No 99 tahun 2012.

“Khusus untuk kasus korupsi dari tiga orang yang kami ajukan tak satupun yang memperoleh remisi,” terang Fikri Jaya Soebing. SR

Kirim Komentar

Leave a Reply