DPRD belum Terima SK Bupati Terpilih

LOTIM,Lomboktoday.co.id – Pihak DPRD Kabupaten Lombok Timur hingga saat ini belum menerima Surat Keputusan (SK) Bupati/wakil Bupati Lotim terpilih dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri), meski jadwal pelantikan Bupati/wakil Bupati Lotim tinggal dua pekan lagi.

“Kami belum terima SK Bupati/wabup Lotim terpilih dari Mendagri, karena yang mengeluarkan SK adalah Mendagri,” terang Wakil Ketua DPRD Lotim, Daeng Paelori kepada wartawan sesuai mengikuti pemberian remisi di Lapas Selong, Sabtu (17/8).

Dijelaskan, SK pelantikan tentunya bukan menjadi kewenangan DPRD Lotim, karena yang menangani adalah pemerintah daerah, sedangkan DPRD hanya sebatas memfasilitasi saja untuk kegiatan pelantikan nantinya.

Apalagi kegiatan rencana pelantikan pada tanggal 30 Agustus 2013, sudah terbentuk susunan panitia yang diketuai langsung Asisten I Bidang Pemerintahan Setdakab Lotim, H.Sahabudin. Bahkan sudah dilakukan rapat persiapan pelantikan tersebut.

Namun begitu sesuai dengan aturan yang ada, SK mengenai Bupati/wabup Lotim terpilih arus sudah keluar satu bulan sebelum dilakukan pelantikan. Karena dari DPRD Lotim sudah memberikan rekomendasi untuk diproses SK Bupati/wabup Lotim terpilih ke Mendagri melalui Gubernur NTB.

“Pak Asisten I Bidang Pemerintahan Lotim akan berangkat ke Jakarta untuk mempertanyakan dan menjemput SK dari Mendagri mengenai pelantikan Bupati/wabup Lotim terpilih,” terang Daeng Paelori seraya mengatakan pihaknya juga tidak mengetahui secara pasti kenapa SK dari Mendagri belum turun juga, karena bukan tugasnya.

Hal yang sama  dikatakan Kabag Humas dan Hukum DPRD Lotim, H.Ahyan mengatakan kalau sampai saat ini belum terima SK dari Mendagri  mengenai Bupati/wabup Lotim terpilih dalam Pemilukada Lotim tanggal 13 Mei 2013 lalu.

“Kami belum terima SK, seharusnya kalau mengacu pada aturan main yang ada, tentunya sudah keluar satu bulan sebelum pelantikan Bupati/wabup Lotim terpilih di lantik,” tegas Ahyan. SR

Kirim Komentar

Leave a Reply