Kontes Ayam akan Ramaikan Agriculture Expo

ilustrasi/lomboktoday.co.id/net

MATARAM,Lomboktoday.co.id – Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan (Dispertan) Kota Mataram akan menggelar pameran Agriculture Expo 2013 tingkat Kota Mataram, yang akan dipusatkan di halaman kantor Walikota Mataram dari tanggal 22-24 Agustus 2013.

Kepala Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan Kota Mataram, H Lalu Mazhuriyadi mengatakan, pameran Agriculture Expo 2013 ini
merupakan pameran pertama di Kota Mataram dengan menyiapkan 50 stand yang diikuti berbagai kalangan.

“Pameran Agriculture Expo 2013 ini yang pertama kali digelar di Kota Mataram. Kegiatan ini juga sekaligus untuk menyambut HUT Kota Mataram ke 20 tahun yang jatuh pada tanggal 31 Agustus mendatang,” kata Mazhuriyadi, Kamis (22/8).

Mazhuriyadi mengatakan, pameran Agriculture Expo 2013 bertujuan untuk pemberdayaan masyarakat petani, dengan menampilkan berbagai keragaman hasil pertanian, sekaligus membuka peluang investasi pasar.

Kegiatan Agriculture Expo 2013 sebagai rangkaian dari menyambut HUT Kota Mataram ke 20 tahun 2013 ini akan dibagi menjadi dua kegiatan, yakni pameran Bazar dan kegiatan kontes lomba.

Pameran Bazar meliputi,  pameran berbagai hasil produk pertanian pangan dan hortikultura, bidang peternakan, bidang perikanan dan kelauatan baik segar maupun olahan.

Selain itu juga ada pameran mesin dan alat pertanian, teknologi pertanian, pengelolaan dan pengemasan, benih, pupuk dan obat-obatan serta terkait dengan jaga keuangan dan perbankan.

Sementara kegiatan kontes lomba meliputi, lomba tanaman hortikultura seperti bunga anggrek dan merangkai bunga heliconia.

Selain itu juga ada lomba ayam serama dan lomba ayam ketawa, yang pesertanya juga ada yang berasal dari luar Kota Mataram.

“Pendaftar lomba ayam Serama sudah mencapai lebih dari 100 orang, sedangkan untuk ayam ketawa di atas 50 peserta sudah mendaftar,” katanya.

Menurutnya, pelaksanaan lomba kontes ayam Serama akan dilaksanakan pada hari Kamis 22 Agustus.

Sementara untuk lomba merangkai bunga heliconia dan lomba tanaman anggrek dilaksanakan pada hari Jumat, dan pada penutupan Sabtu akan dilaksanakan lomba kontes ayam Ketawa dan lomba kemasan produk hasil olahan. Hadiah bagi pemenang lomba akan diserahkan pada puncak HUT Kota Mataram.

“Kegiatan ini kita harapkan mampu mendorong perkembangan serta laju pertumbuhan investasi dan perekonomian berbasis agribisnis khususnya di Kota Mataram, sekaligus menggali potensi sumberdaya alam pada sektor agribisnis,” ujarnya. MN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *