Stok Pupuk Aman Sepanjang Musim Hujan

KLU,Lomboktoday.co.id – Dinas Kehutanan Pertanian Perkebunan Kelautan dan Perikanan (DKPPKP) Kabupaten Lombok Utara menjamin ketersediaan stok pupuk selama masa tanam di musim penghujan tahun 2013 ini.

“Untuk mengantisipasi potensi kelangkaan pupuk selama munsim penghujan tahun ini, kita sudah menyediakan stok pupuk yang cukup,” ungkap Kepala Bidang Pertanian DKPPKKP KLU, Sabdi, SP kepada Lomboktoday.co.id.

Sabdi memaparkan, dari total 8.304 hektar luas baku sawah dan lahan pertanian yang ada di Lombok utara, pihaknya telah menyiapkan sebanyak 45 ribu ton pupuk (jenis urea, ponska, npk dan berbagai jenis pestisida), yang dapat diperoleh di UPTD masing-masing Kecamatan.

Menurutnya, sebenarnya tidak pernah terjadi kelangkaan pupuk saat musim tanam di KLU seperti yang banyak diberitakan dalam beberapa tahun terakhir.

Hanya saja, papar dia, proses pendistribusian dari distributor kadang sedikit terlambat yang disebabkan beberapa hal. Disamping ketidaktahuan petani terhadap informasi-informasi pertanian, salah satunya lokasi akses untuk mendapatkan pupuk.

“Sebenarnya tidak pernah ada kelangkaan pupuk. Bahkan untuk tahun ini stok pupuk yang tersedia bisa memenuhi kebutuhan untuk 2 kali musim tanam,” sambungnya.

Sementara, salah seorang anggota kelompok Tani di Tanjung, Sudi, mengaku lega mendengar adanya ketersediaan stok pupuk selama musim penghujan mendatang. Mengingat tadak jarang kelangkaan pupuk terjadi di daerahnya.

“Alhamdulillah kalau pemerintah sudah menyediakan stok pupuk yang cukup, tapi kita ingin kualitas pupuknya juga bagus, jangan seperti tahun 2011 lalu, pupuk yang didistribusiakn pemerintah kurang diminati petani karena kualitasnya tidak bagus,” katanya.

Sebelumnya, dalam beberapa tahun terakhir, persoalan kelangkaan pupuk kerap terjadi di sejumlah kecamatan di Lombok utara, salah satunya di kecamatan bayan dan kayangan. Selain disebabkan adanya keterlambatan proses pendistribusian, diduga ada sejumlah pihak (distributor-red) yang kerap melakukan praktik penimbunan. DNU

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *