KLU Target 80 Persen Jambanisasi

2 minutes reading
Friday, 30 Aug 2013 16:42 0 530 Editor

KLU,Lomboktoday.co.id – Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Lombok Utara (KLU) menargetkan 80 persen realisasi program jambanisasi pada tahun 2013 ini. Untuk mensuskeskan program tersebut, Dikes melalui APBD tahun ini telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp440 juta lebih.

“Tahun ini kita target realisasinya mencapai 80 persen, anggarannya sudah dialokasikan ke masing-masing Desa melalui Kecamatan. Hingga tahun 2012 lalu, realisasinya mencapai 75 persen, terjadi peningkatan sebesar 20 persen terhitung sejak tahun 2010 yang saat itu baru mencapai 54 persen saja,” ungkap Kadikes KLU, dr Benny Nugroho, kepada Lomboktoday.co.id, Jumat (30/8) di Tanjung.

Dalam realisasinya, lanjut Benny, Dinas melibatkan unsur Desa dan kader kesehatan yang ada di masing-masing Desa, dengan menganggendakan 3 kali Rakorcam di tingkat Kecamatan, sementara di tingkat Desa, digelar 2 kali Rakordes guna menyerap semua potensi permasalahan yang di lapangan.

Ditambahkan Benny, ada beberapa jenis dan sisitem realisasi program jambanisasi di lapangan. Di Kecamatan Bayan misalnya, jambanisasi 100 persen melalui kios jamban Desa, menyasar warga yang belum memiliki jamban di rumahnya. Warga dianjurkan membeli jamban dan perlengkapan lainnya di kios jamban yang sudah disediakan.

“Ada kader desa dan kader kesling di tiap-tiap daerah yang nanti bertugas menjual jamban dan pipa kepada warga. mau beli atau tidak itu hak warga, yang penting jambannya sudah siap. Dan kader di lapangan berkewajiban memberikan edukasi lingkungan yang sehat kepada masyarakat, termasuk pentingnya membangun jamban,” katanya.

Sementara saat ditanya alasan pihaknya tidak memasang target 100 persen dalam realisasi program dimaksud, Benny menegaskan jika keputusan tersebut diambil lebih pada faktor keterbatasan suplai air, terutama di daerah-daerah pedalaman, seperti di Kecamatan Bayan dan Kayangan. DNU

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA