FITRA NTB segera Umumkan Hasil Uji Akses Laporan Keuangan Parpol

ilustrasi atribut parpol

MATARAM,Lomboktoday.co.id – Jajaran FITRA NTB akan mengumumkan perkembangan hasil uji akses terhadap laporan keuangan Parpol di NTB pada Rabu 11 September besok.

“Rabu (11/9) besok, akan kami umumkan ke publik dengan melibatkan media massa cetak maupun elektronik di Mataram,” kata juru bicara FITRA NTB, Ramli melalui rilis yang diterima Lomboktoday.co.id, Selasa (10/9) sore.

Ramli menjelaskan, sejak pertengahan Agustus lalu, sejumlah elemen masyarakat termasuk diantaranya aktivis FITRA NTB, secara berkelompok telah mengajukan permohonan informasi kepada sembilan DPD/DPW partai politik di NTB.

“Yang diminta adalah informasi tahun 2011 dan 2012 terkait laporan keuangan partai, laporan program/kegiatan partai, dan struktur pengurus partai,” terang Ramli.

Uji akses ini, kata Ramli, bagian dari upaya publik untuk mendorong reformasi dalam pengelolaan keuangan di tubuh partai politik, dan lebih khusus lagi bagaimana mendorong keterbukaan dalam pendanaan Parpol.

Setelah mengajukan permohonan informasi, lanjut Ramli, ada banyak catatan yang ditemui masyarakat, yang menunjukkan bagaimana respon partai terhadap isu pentingnya keterbukaan parpol dalam pengelolaan keuangannya.

“Hal ini yang akan kami umumkan hasilnya besok, sehingga publik bisa ikut menilai bagaimana tingkat keterbukaan partai politik,” katanya.

Selain mengumumkan hasil uji akses terhadap laporan keuangan Parpol di NTB, FITRA juga akan menggelar acara Pertemuan Redaktur yang akan dihadiri oleh jajaran redaktur sejumlah media massa cetak maupun elektronik.

“Selain memaparkan hasil uji akses informasi itu, kami juga berharap bisa mengkapitalisasi dukungan dari para pengambil keputusan strategis di media massa tentang pentingnya kita bersama-sama mendorong keterbukaan pengelolaan keuangan Parpol,” tegas Ramli. GRA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *