Krisis Air Bersih Melanda Puluhan Desa di Loteng

LOTENG,Lomboktoday.co.id – Krisis air bersih akibat susutnya debit mata air menyusul musim kemarau tahun ini mulai melanda puluhan Desa yang tersebar di 10 Kecamatan di Kabuoaten Lombok Tengah (Loteng).

Memasuki pekan ke dua bulan September ini, pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Loteng sudah menerima laporan dari sedikitnya 77 Desa di 10 Kecamatan terkait kesulitan pasokan air bersih di wilayah mereka.

“Berdasarkan laporan yang kami terima ada puluhan desa tersebar di 10 Kecamatan yang saat ini dilanda krisis air bersih,” kata Kepala BPBD Loteng, Lalu Nurpuri, Selasa (10/9) di Praya.

10 Kecamatan itu antara lain Kecamatan Praya dengan 2 Desa dan 2 Kelurahan mengalami krisis air bersih, Kecamatan Janapria (9 Desa), Kecamatan Praya Timur (8 Desa), Kecamatan Praya Barat (5 Desa), Kecamatan Praya Barat Daya (9 Desa), Kecamatan Pringgarata (2 Desa), Kecamatan Jonggat (3 Desa), Kecamatan Kopang (11 Desa), Kecamatan Praya Tengah (10 Desa) dan Kecamatan Pujut (16 Desa).

“Kecamatan Pujut yang mengalami krisis air terparah, dan jumlah desa yang terdampak juga paling banyak,” katanya.

Untuk mengantisipasi dan menangani krisis air bersih tersebut, paparnya, pihak BPBD Loteng sudah mengajukan usulan penyediaan air bersih kepada Pemerintah Pusat melalui BPBD Provinsi NTB.

Jika usulan terealisasi, maka pola penanganan dan penyaluran suplai air bersih akan segera dilakukan ke sasaran di Desa-Desa yang terdampak. ROS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *