Pembuatan Kartu Kuning Tak Dipungut Biaya

JAKARTA, Lomboktoday.co.id  – Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar meminta kepala Dinas Tenaga Kerja di seluruh Indonesia agar mengawasi proses pembuatan kartu kuning di wilayahnya masing-masing. Hal tersebut agar tidak terjadi pungutan liar.

“Proses pembuatan kartu kuning tidak boleh dikenakan biaya apapun. Kalau ada yang meminta biaya segera melaporkan kepada pihak berwajib. Pegawai yang melakukan pungutan liar harus diberi sanksi tegas,” kata Menakertrans Muhaimin Iskandar.

Seiring pelaksanaan kebijakan otonomi daerah, pembuatan kartu kuning telah didelegasikan ke pemerintah daerah, melalui dinas-dinas yang bertanggung jawab di bidang ketenagakerjaan tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota.

“Para kepala dinas harus memastikan pelayanan pembuatan kartu kuning berjalan dengan baik dan maksimal. Para pencari kerja harus diberikan kemudahan dalam pengurusan dokumen yang dibutuhkan,” terangnya.

Belakangan ini permintaan pembuatan kartu kuning di berbagai daerah meningkat taja, Hal ini terjadi seiring mulai dibukanya berbagai lowongan pekerjaan , terutama bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang menjadikan kartu kuning sebagai salah satu syarat pendaftaran.

Sayangnya, di beberapa daerah disinyalir masih terjadi adanya pemungutan biaya pembuatan kartu kuning dengan berbagai alasan seperti biaya administrasi atau biaya sukarela padahal semestinya hal tersebut dilarang dan dapet dikategorikan sebagai pungutan liar.

“Sekali lagi ditegaskan pembuatan kartu kuning tidak boleh dikenakan biaya apapun. Para pegawai harus memberikan pelayanan maksimal kepada para pencari kerja tanpa iming-iming apapun juga,” tegasnya.

Pelayanan kartu kuning itu berdasarkan pada Permenakertrans Nomor PER.07/MEN/IV/2008 Tentang Penempatan Tenaga Kerja. Permenakertrans ini merupakan revisi dari aturan sebelumnya yaitu Keputusan Menteri Tenaga Kerja Nomor KEP. 207/MEN/1990 tentang Sistem Antar Kerja dan Keputusan Menteri Tenaga Kerja Nomor KEP. 203/MEN/1999 tentang Penempatan Tenaga Kerja di Dalam Negeri. LTD/Net

1 Komentar

  1. Achim Kirito Baggins15/09/2013 at 8:18 amReply

    Yups… memang gak pernah ada penarikan uang kok……

Leave a Reply