Obama Sambut Kesepakatan Soal Suriah

WASHINGTON,Lomboktoday.co.id – Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama menyambut kesepakatan antara AS dan Rusia mengenai pemusnahan senjata kimia di Suriah. Kesepakatan itu mengharuskan senjata kimia harus dimusnahkan atau dihapus pada pertengahan 2014 sebagai “langkah penting”.

Barack Obama

Barack Obama

Namun, pernyataan dari pihak Gedung Putih memperingatkan bahwa AS mengharapkan Suriah benar-benar memenuhi komitmennya. Dokumen AS-Rusia menetapkan bahwa Suriah harus memberikan rincian persediaan senjata di dalam seminggu.

Jika Suriah tidak memenuhi, kesepakatan bisa ditegakkan oleh resolusi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). China, Prancis, Inggris, PBB dan NATO mengaku puas dengan perjanjian tersebut.

Seperti dilansir BBC, Minggu (15/9), di Beijing, Menlu Wang Yi mengatakan bahwa China telah menyambut kesepakatan umum antara AS dan Rusia. Perjanjian ini memungkinkan ketegangan di Suriah akan mereda.

Namun, sejauh ini belum ada reaksi dari Damaskus. Dalam pernyataan Gedung Putih, Presiden Obama mengatakan bahwa kesepakatan AS-Rusia “merupakan, langkah konkret di mana senjata kimia Suriah di bawah kontrol internasional, sehingga dapat dihancurkan.”

“Skenario militer akan menjadi bencana bagi daerah ini,” ujar Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov, seperti dikutip dari BBC News.

Namun Presiden mengingatkan, sementara AS akan terus bekerjasama dengan Rusia, Inggris, Prancis, PBB dan lain-lain, memastikan bahwa proses penghancuran senjata adalah diverifikasi.

“Jika diplomasi gagal, AS tetap siap untuk bertindak,” tambah Obama. LTD/Net

Kirim Komentar

Leave a Reply