Realisasi Proyek Bandar Kayangan Diragukan

KLU,Lomboktoday.co.id – Berbeda dengan pihak eksekutif, sejumlah anggota DPRD Kabupaten Lombok Utara (KLU) justru mengaku pesimis terkait wacana pembangunan mega proyek Bandar Kayangan Lombok Utara yang digagas Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) sejak beberapa tahun terakhir.

“Anggaran yang dibutuhkan cukup fantastis, mencapai angka triliunan rupiah, kita masih pesimis. Saya rasa belum saatnya KLU fokus berbicara progress proyek itu, mengingat banyak persoalan urgen yang harus lebih didahulukan,” ungkap Sekretaris Komisi I DPRD KLU, Ardianto, SH, Rabu (25/9).

Selain masih banyaknya program jangka pendek yang harus lebih diprioritaskan, aspek sosial dan berbagai potensi persoalan lainnya juga dinilai politisi Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) ini harus menjadi pertimbangan Pemerintah Daerah.

“Itu baru sebatas wacana, kita juga belum tahu seberapa besar progress rencana proyek ini di tingkat pusat. Karena ini merupakan Bandar internasional, tentu membutuhkan lahan yang tidak sedikit, bahkan menurut informasi proyek ini membutuhkan 10 ribu hektar, lalu kemana masyarakat kita di sana akan direlokasi,” sambungnya.

Ardianto juga menyinggung realisasi Anggaran APBD tahun ini sebesar Rp 250 juta, untuk kegiatan uji kelayakan lokasi, yang dinilainya belum terlalu mendesak.

Sebelumnya, Kepala Bappeda KLU, Ir Nanang Matalata menegaskan, pihaknya belum bisa memastikan seberap jauh progres rencana tersebut. bahkan menurutnya rencana tersebut masih membutuhkan proses dan waktu yang cukup panjang.

“Secara pasti kita belum bisa menyampaikan seberapa besar progres proyek ini. Tapi kita harapkan masyarakat mendukung penuh setiap rencana program pembangunan pemerintah kedepan,” paparnya. DNU

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *