Kinerja KPAD Dinilai belum Maksimal

KLU,Lomboktoday.co.id – Keberadaan Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (KPAD) Lombok Utara, dinilai kalangan legislative masih belum mampu memberikan pelayanan maksimal dan berfungsi penuh sebagai pusat data informasi kearsipan daerah.

“Sejauh ini belum maksimal, salah satu faktornya mungkin karena minimnya dukungan anggaran operasional serta fasilitas gedung (ruang baca-red), disamping keterbatasan SDM yang ada,” tandas Sekretaris Komisi I DPRD KLU, Ardianto. SH, kepada Lomboktoday.co.id.

Peran KPAD, lanjut Ardianto, tidak hanya sebagai pusat penyimpanan buku dan data-data, namun juga harus seefektif mungkin berfungsi sebagai media pembelajaran sekaligus pemberdayaan masyarakat dalam mendukung pembangunan daerah.

Sejak didirikan tahun 2010 lalu, KPAD belum memiliki kantor sendiri. Tak hanya itu, alokasi APBD untuk lembaga ini tak lebih dari Rp 500 juta, setiap tahunnya. Sementara untuk mendukung pelayanan di lapangan, KPAD hanya memiliki satu unit mobil opersional yang diterima dari pemerintah pusat.

“Ke depan kita harapkan porsi anggaran untuk lembaga ini ditambah, agar dapat maksimal dalam menjalankan programnya. Termasuk anggaran untuk pembangunan gedung,” katanya.DNU

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *