NTB Siap Dukung Swasembada Kedelai Nasional

LOTENG,Lomboktoday.co.id – Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi mengatakan, NTB siap menjadi salah satu daerah yang menyokong produksi Kedelai nasional untuk mendukung program swasembada Kedelai nasional 2014 mendatang. Hal itu ditegaskan Gubernur Majdi saat mendampingi Menteri Pertanian RI, Dr Ir H Suswono, Minggu (29/9) dalam panen raya Kedelai di Dusun Bun Calang, Desa Sukarara, Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah.

Menurut Gubernur Majdi, Lombok Tengah merupakan salah satu daerah di NTB yang memiliki potensi pertanian yang cukup membanggakan dan menyumbang cukup besar bagi kebutuhan pangan NTB dan nasional.

“Panen raya Kedelai di Lombok Tengah ini membuktikan bahwa inisiatif yang baik ini muncul dari petani-petani di daerah ini. Jika pemerintah serius ingin meraih swasembada Kedelai di tahun 2014, maka kami menyatakan NTB sangat siap untuk mendukung program tersebut,” katanya.

Gubernur Majdi mengakui lahan tanam baku Kedelai di NTB mengalami penurunan dalam lima tahun terakhir. Pada 2009, paparnya tercatat lahan tanam baku Kedelai di NTB mencapai 100 ribu hektare, namun jumlah itu menyusut hingga menjadi 50-60 ribu hektare saat ini.

Hal ini terjadi lantaran harga Kedelai yang cendering tidak stabil dan seringkali merugikan petani.

“Di saat petani kami menanam Kedelai secara luas, ternyata saat panen harganya anjlok. Hal ini yang akhirnya membuat tanaman Kedelai ini mulai ditinggalkan dan beralih ke komoditi lain,” katanya.

Menurutnya, untuk kembali memperluas lahan tanam dan produktifitas Kedelai di NTB, petani butuh kepastian harga dari pemerintah. Sepanjang harga komoditi itu menguntungkan, petani di NTB pasti akan sangat senang menanamnya.

“Etos kerja saudara-saudara kami petani di NTB ini luar biasa. Kalau memang harga Kedelai bisa stabil dan harganya baik, maka tanpa dipaksa pun mereka akan siap menanam Kedelai. Selain itu kami berharap pemerintah pusat membantu kami dalam hal ketersediaan pupuk. Jika semua itu sudah dilakukan, maka biarlah kami di daerah yang akan bekerja dan menunjukan bagaimana produksi Kedelai di NTB ini bisa terus meningkat,” katanya.

Untuk memaksimalkan produksi Kedelai di daerah ini, Gubernur juga berharap peran serta dan kinerja para penyuluh pertanian di lapangan untuk lebih giat lagi memberikan penyuluhan pada petani. ROS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *