BOS SMA/SMK di NTB Rp75.829 Miliar

ilustrasi dana BOS/lomboktoday.co.id

MATARAM, Lomboktoday.co.id – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) telah mencairkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk SMA dan SMK. Jenjang pendidikan SMA dan SMK di Provinsi NTB mendapatkan dana BOS sebesar Rp75.829 miliar.

“Dana BOS SMA dan SMK ini dibayarkan untuk bulan Juli hingga Desember 2013. BOS untuk SMA dan SMK ini sudah dicairkan pada pertengahan September 2013 lalu,” kata Kepala Bidang Pendidikan Menengah dan Pendidikan Tinggi (Dikmenti) Dinas Dikpora Provinsi NTB, Hj Uum Umayah di Mataram, Rabu (2/10).

ilustrasi dana BOS/lomboktoday.co.id
ilustrasi dana BOS/lomboktoday.co.id

Setiap siswa, lanjut Uum, dihitung mendapatkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sebesar Rp500 ribu selama enam bulan
yang terhitung dari bulan Juli hingga Desember 2013. Besaran uang dana BOS untuk siswa SMA dan SMK tidak ada perbedaan, meski yang seharusnya dana BOS untuk SMK lebih besar, karena pengeluaran siswa SMK lebih besar dibandingkan dengan siswa SMA.

Jumlah siswa penerima dana BOS, lanjut Uum, untuk jenjang pendidikan SMA negeri dan swasta sebanyak 95.033 siswa dan penerima dana BOS untuk SMK negeri dan swasta sebanyak 56.625 siswa yang tersebar di seluruh daerah di Provinsi NTB.

“Program dana BOS untuk SMA dan SMK ini merupakan tindaklanjut dari Kemendikbud RI untuk program pendidikan menengah universal,” ujar Uum.

Uum menambahkan, sebelumnya pada awal tahun 2013 yakni untuk bulan Januari hingga Juni 2013, Kemendikbud RI telah menggelontorkan anggaran dana Rintisan BOS yang dihitung pembiayaan persiswa hanya Rp60.000 untuk enam bulan. Kemendikbud RI untuk RBOS yang dihitung dari bulan Januari hingga Juni 2013 berjumlah Rp9.099 miliar lebih. MN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *