Kantor Lingkungan Hidup Kekurangan Tenaga Pengawas

KLU,Lomboktoday.co.id – Meski telah berdiri sejak tahun 2010 lalu, namun Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kabupaten Lombok Utara (KLU) hingga kini masih kekurangan tenaga pengawas dan pengendali lingkungan di lapangan untuk mengontrol aktivitas pembangunan serta eksploitasi di seluruh wilayah daerah ini.

“Kita memang masih kekeurangan tenaga di lapangan, khususnya untuk bagian pengawasan dan pengendalian lingkungan hidup. Namun tenaga yang ada tetap diupayakan kerja semaksimal mungkin,” ungkap Kepala KLH, KLU, drs. Rusdianto, Kamis (3/10).

Kondisi tersebut, juga diakui Rusdianto, berpengaruh terhadap kinerja petugas di lapangan. Ini juga membuat kesulitan dalam mengawasi dan mengendalikan banyaknya pembangunan yang melanggar Aturan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) KLU tahun 2011.

Dalam amanat yang tertuang dalam peraturan Menteri Lingkungan Hidup, idealnya KLH harus memiliki tenaga ahli (bagian pengawasan dan pengendalian lingkungan), yang berkonsentrasi dalam mengawasi kegiatan masyarakat di lapangan.

“Untuk sementara ini kita maksimalkan fungsi kepala seksi yang ada. Setidaknya bisa meminimalisir potensi-potensi kerusakan lingkungan. Ke depan akan kita siapkan tenaga untuk menutupi kekosongan itu, hanya saja tenaga fungsional untuk bidang itu membutuhkan kompetensi khusus,” katanya. DNU

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *