Mimpi Raih WTP Jika Pengelolaan Amburadul

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Wakil Bupati Lombok Timur, H Khaerul Warisin mengatakan jangan bermimpi untuk bisa memperoleh pengakuan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK, jika pengelolaan keuangan maupun inventaris masih belum tertata dengan baik. Sehingga hal ini harus menjadi perhatian semua pihak untuk mencarikan solusinya.

‘’Kalau pengelolaan seperti sekarang ini, maka kita bermimpi untuk bisa mendapatkan WTP,’’ kata Khaerul Warisin sembari meminta jajarannya untuk melakukan pengelolaan dengan baik.

Selama ini, kata dia, banyak temuan Inspektorat, tapi dinas/instansi itu tidak pernah menjalankan apa yang menjadi saran yang tertuang dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) yang diterimanya.

Dimana, dalam temuan Inspektorat kalau hutang yang disarankan untuk dikembalikan, itu sudah sekian tahun pun juga tidak dikembalikan. Padahal nilainya kecil. Bahkan ada dinas yang hasil temuannya mencapai Rp1 miliar, karena diindikasikan terjadi penyalahgunaan. Hal ini terjadi lantaran tidak dijalankan apa yang menjadi saran dari Inspektorat yang tertuang dalam LHP.

‘’Nah, kalau model itu diterapkan terus, maka WTP itu jauh untuk kita raih. Terhadap dana yang belum ada pengembalian dari seluruh dinas yang mencapai Rp5 miliar, kami akan berusaha agar dana itu bisa dikembalikan,’’ ungkapnya.

Tahun ini, lanjut Khaerul Warisin, Pemkab Lotim mengalami kesulitan anggaran, karena harus membayar hutang yang jatuh tempo mencapai Rp118 miliar. Tapi, untuk menanggulangi hal itu, setidaknya ada beberapa langkah yang akan ditempuh, seperti pengurangan anggaran perjalanan dinas, uang makan-minum dan lainnya.(SR)

Leave a Reply

Your email address will not be published.