Rinjani Segera jadi Geopark Nasional

MATARAM,Lomboktoday.co.id – Kawasan gunung Rinjani di pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) segera ditetapkan sebagai Geopark Nasional. Sertifikat Geopark Nasional itu akan diterbitkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama Badan Geologi , awal November mendatang.

“Sudah pasti. Rinjani akan ditetapkan sebagai geopark nasional, minggu pertama bulan November nanti sertifikatnya dikeluarkan dari Kemenparekfraf dan Badan Geologi,” kata Kepala Bappeda NTB, Chairul Mahsul, Senin (7/10), di Mataram.

Dikatakan, jika sudah menjadi geopark nasional, maka akan ada perhatian khusus berupa alokasi anggaran dari pemerintah pusat terhadap pengembangan kawasan potensi pariwisata itu, selain alokasi yang diterima selama ini melalui Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) untuk kelestarian lingkungannya selama ini.

Chairul mengatakan, penetapan ini juga memperkuat tekad NTB untuk mendorong Rinjani masuk sebagai salah satu Geopark Dunia dibawah jaringan UNESCO, yang masih terus diupayakan hingga kini. Targetnya, pada tahun 2014 mendatang Rinjani sudah bisa diterima sebagai salah satu Geopark Dunia.

Kelengkapan form persyaratan sudah diajukan, lanjutnya, termasuk rencana kedatangan tim acessor (tim penilai) yang akan menilai kelayakan Rinjani menjadi Geopark Dunia.

“Kedatangan tim itu akan dibiayai Pemda NTB, ini membuktikan keseriusan,” katanya.

Seperti diketahui objek wisata alam dan budaya yang menjadi Geopark Dunia dibawah jaringan UNESCO, bukan saja hanya akan mendapatkan alokasi anggaran dari badan PBB itu, tetapi juga promosi objek yang lebih masiv dan global yang lebih luas ke dunia Internasional. GRA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *