Penyelesaian Kasus Lahan UPT Jeringo Belum Tuntas

LOTIM,Lomboktoday.co.id – Penyelesaian kasus klaim lahan Unit Pemukiman Transmigrasi (UPT) Jeringo, Desa Puncak Jeringo, Kecamatan Suela hingga saat ini masih belum tuntas dilakukan. Meski sebelumnya dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Timur berjanji akan menyelesaikan sebelum berakhir kepemimpinan mantan Bupati Lotim, HM.Sukiman Azmy, akan tetapi dalam kenyataan di lapangan justru masih belum selesai.

Kepala Dinas STT Lotim, Sudirman saat dikonfirmasi mengatakan kalau Pemkab Lotim tetap akan menyelesaikan masalah klaim lahan UPT Jeringo yang dilakukan warga tersebut.  Dengan tentunya mencari titik temu terhadap permasalahan yang ada, salah satunya mengumpulkan bukti-bukti yang ada.

“Kami tetap memiliki komitmen untuk selesaikan masalah lahan UPT Jeringo yang masih di-klaim warga di luar UPT,” terang Sudirman seraya mengatakan yang masih diklaim saat seluas 4 hektar oleh warga dari jumlah lahan UPT Jeringo seluas 240 Hektar.

Dijelaskannya yang bertanggungjawab disini adalah pihak Badan Pertahanan Nasional (BPN) Lotim selaku pihak yang mengeluarkan sertifikat tersebut. Karena sesungguhnya Surat Keputusan (SK) Bupati Lotim mengenai penetapan lahan UPT Jeringo ditetapkan pada bulan Juli 2006 bersama BPN.

Namun dalam realita dilapangan pada akhir Desember 2006, kenapa dari BPN mengeluarkan sertifikat di atas lahan UPT Jeringo tersebut. Maka inilah yang tentunya menjadi titik permasalahan.

“Sudah ditetapkan sebagai lokasi lahan UPT Jeringo, kok dari BPN keluarkan sertifikat diatas lahan tersebut,” ujar Mantan Camat Selong ini seraya mengatakan yang jelas kami tetap akan menyelesaikan masalah ini dengan baik, agar tidak ada yang merasa dirugikan nantinya.SR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *