Warga Kurang Mampu di Turida Barat Terima Daging Qurban

MATARAM, Lomboktoday.co.id – Ratusan warga kurang mampu di Lingkungan Turida Barat, Kelurahan Turida, Kecamatan Sandubaya, Kota Mataram menikmati perayaan Hari Raya Idhul Adha 1434 Hijriyah dengan gembira. Sebab, Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Masjid Mambaul Hasanah, Turida Barat membagikan daging hewan qurban bagi masyarakat kurang mampu.

“Panitia menyiapkan 460 kupon untuk pengambilan daging hewan Qurban. Kupon dibagikan kepada masyarakat yang betul-betul kurang mampu,” kata Kepala Lingkungan Turida Barat, H Amin di sela-sela pembagian daging hewan qurban di Masjid Mambaul Hasanah, Turida Barat, Selasa (15/10).

H Amin menyebutkan, pada peringatan Hari Raya Idhul Adha 1434 H yang jatuh pada tanggal 15 Oktober 2013 ini, jumlah masyarakat yang berqurban meningkat jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Tahun ini, jumlah hewan qurban yang dipotong di Masjid sebanyak 13 ekor hewan qurban, yang terdiri dari 10 ekor kambing dan 3 ekor sapi.

“Alhamdulillah mulai tahun ini pemotongan hewan qurban di pusatkan di Masjid. Kalau sebelumnya pemotongan hewan qurban di masing masing musholla,” ujar H Amin.

Menurut H Amin, pemotongan hewan qurban yang dipusatkan di Masjid merupakan hasil musyawarah tokoh, agama, tokoh masyarakat dan juga tokoh pemuda dan perwakilan warga masyarakat. Pemusatan pemotongan hewan qurban juga untuk pemerataan pembagian daging hewan qurban kepada masyarakat kurang mampu. Dengan demikian pembagian daging hewan qurban bisa merata dan secara terorganisir.

“Alhamdulillah warga yang mendapatkan kupon diberikan daging hewan qurban sama sama 1 kg,”sebut H Amin.

Salah seorang tokoh agama di Lingkungan Turida Barat, Ustaz Muhammad Husni mengaku pemusatan pemotongan hewan qurban di Masjid Mambaul Hasanah baru pertama ini dilakukan oleh masyarakat di Lingkungan Turida Barat.

“Pemusatan pembagian daging hewan qurban di Masjid sangat bagus, karena nantinya masyarakat kurang mampu merata yang menerima daging qurban. Berbeda halnya kalau di Musholla, bisa terjadi tumpang tindih, sehingga masyarakat betul-betul miskin terkadang tidak dapat. Pembagian daging qurban sekarang ini juga langsung dibagikan oleh ketua RT,” kata M Husni. MN 

Kirim Komentar

Leave a Reply