Curanmor Didominasi Pelaku Bawah Umur

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Maraknya aksi kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor) di wilayah hukum Polres Lombok Timur, yang didominasi oleh pelaku di bawah umur, tentunya menjadi perhatian semua pihak. Demikian ditegaskan Kasat Reskrim Polres Lombok Timur, AKP Yuyan Priatmaja, S.IK.

Ia mengatakan, aksi curanmor di wilayah hukum Polres Lotim belakangan ini kian marak. Dari sekian banyak pelaku yang berhasil ditangkap, sebagian besar didominasi oleh anak-anak di bawah umur.

‘’Saya tidak pungkiri kalau kasus curanmor makin marak, yang didominasi oleh pelaku di bawah umur,’’ tegas Yuyan Priatmaja sembari mengatakan, aksi curanmor tidak saja terjadi di wilayah hukum Polres Lotim, tapi hampir terjadi di seluruh kabupaten/kota se-NTB.

Selain pelaku yang diamankan tersebut berasal dari Lotim, juga banyak yang berasal dari Loteng, bahkan mereka merupakan para pelaku spesialis di bidang curanmor. Dimana, bila ada kesempatan, motor jenis/merk apa saja mereka embat, karena mereka hanya berpikiran tetang isi perutnya.

Lebih-lebih bila melihat masyarakat saat ini dalam memiliki kendaraan bermotor yang tidak begitu sulit. Artinya, masyarakat kini hanya mempunyai uang Rp750 ribu saja, sudah bisa membeli kendaraan bermotor roda dua dengan system kredit.

Begitu juga para pelaku curanmor marak, itu tak terlepas dari kelengahan para pemilik kendaraan bermotor saat memarkir kendaraanya. Meski sudah diimbau dalam memarkir kendaraan bermotor untuk menggunakan kunci ganda, namun toh masyarakat masih saja mengabaikannya.

‘’Modus pelaku curanmor sekarang ini sudah berubah,’’ ujarnya seraya mengatakan, pelaku tak lagi berkelompok, tapi memanfaatkan jasa anak di bawah umur dengan memanfaatkan UU perlindungan anak.(SR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *