SMPN 13 Bangun Lab Bahasa dan Kanopi

2 minutes reading
Thursday, 17 Oct 2013 16:57 1 1503 Editor

MATARAM, Lomboktoday.co.id – Menciptakan siswa/siswi yang cerdas dan berkualitas, kelengkapan sarana penunjang kegiatan belajar-mengajar tentu menjadi syarat utama yang harus tersedia.

LABORATORIUM: Para pekerja sedang melakukan pembangunan gedung laboratorium bahasa di SMPN 13 Mataram.(Foto: Sigit SL/Lomboktoday.co.id)

LABORATORIUM: Para pekerja sedang melakukan pembangunan gedung laboratorium bahasa di SMPN 13 Mataram. (Foto: Sigit SL/Lomboktoday.co.id)

Menyadari itu, SMPN 13 Mataram, walaupun secara bertahap, terus berusaha melengkapi berbagai sarana dan prasarana yang dibutuhkan, seperti membangun Laboratorium Bahasa, Ruang Pramuka, Ruang OSIS, dan Ruang Komite.

Selain itu, untuk kenyamanan para guru dan siswa dalam melaksanakan kegiatan belajar-mengajar, pihak sekolah juga membangun Kanopi di depan teras bangunan sekolah seluas 280 meter persegi.

‘’Pembangunan Laboratorium Bahasa dua lantai sudah mulai berjalan, dan diperkirakan selesai pada akhir Desember 2013 mendatang. Sedangkan untuk pembangunan Kanopi, hanya butuh waktu empat hari saja sudah tuntas,’’ kata Kepala SMPN 13 Mataram, R Dodik Satrijo Wibowo, Kamis (17/10).

Berapa anggaran yang dibutuhkan, dan darimana asalnya? ‘’Hingga selesai pembangunan, kami perkirakan bakal menghabiskan biaya sekitar Rp750 juta. Sementara kalau sumber pendanaan berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK), sumbangan swadaya masyarakat, dan jangan lupa ditulis, sumbangan dari konglomerat (pengusaha),’’ ucap Dodik seraya tersenyum.

KANOPI: Untuk kenyamanan kegiatan belajar mengajar, SMPN 13 Mataram membangun kanopi seluas 280 meter persegi. (Foto: Sigit SL/Lomboktoday.co.id)

KANOPI: Untuk kenyamanan kegiatan belajar mengajar, SMPN 13 Mataram membangun kanopi seluas 280 meter persegi. (Foto: Sigit SL/Lomboktoday.co.id)

Meskipun saat ini pihaknya mengaku baru memiliki dana pembangunan yang bersumber dari DAK saja, namun Dodik tetap berkeyakinan bahwa pembangunan berbagai saranan dan prasarana di SMPN 13 Mataram akan selesai tepat waktu.

‘’Jujur saja, anggaran dari DAK hanya sebesar Rp235 juta. Setelah dikurangi pajak sebesar Rp35 juta, maka hanya sekitar Rp200 juta saja yang kami miliki sebagai modal awal pembangunan,’’ ujar Dodik.

‘’Dana sebesar itu (Rp200 juta), sesuai RAB (rencana anggaran biaya) pembangunan laboratorium bahasa hanya cukup untuk membangun pondasi dan tiang pancangnya saja, yang akan menghabiskan biaya sebesar Rp208 juta,’’ sambung Dodik.

Melihat anggaran yang ada itu, apakah yakin pembangunan bisa selesai tepat waktu? ‘’Yakin, mari kita buktikan akhir Desember 2013 nanti,’’ tegas Dodik.

‘’Selama yang dikerjakan itu niat awalnya baik, yaitu untuk kepentingan pendidikan para siswa/siswi, maka selama itu pula ‘pintu’ (bantuan) akan selalu terbuka. Buktinya adalah pembangunan mushola di sekolah, walaupun awalnya kami hanya memiliki dana minim, toh akhirnya selesai juga,’’ pungkas Dodik.(GT)

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Arion Indonesia
    10 year ago

    Semoga adannya Lab Bahasa ini siswa/siswi semakin giat dan semangat dalam belajar.

LAINNYA