DPRD Tolak Rencana Pinjaman Pemda ke PIP

KLU,Lomboktoday.co.id – Rencana Pemda Kabupaten Lombok Utara (KLU) mengajukan pinjaman dana kepada BUMN PT Pusat Investasi Pemerintah (PIP) tahun 2014 mendatang untuk keperluan pembangunan infrastruktur jalan di daerah itu, mendapat penolakan pihak DPRD KLU. Para anggota dewan menilai pengajuan dana pinjaman ke PIP belum terlalu mendesak.

“Kami pernah dengar informasi itu (pengajuan PIP-red), tapi untuk saaat ini itu belum terlalu mendesak jadi kami menolak rencana Pemda tersebut ,“ ungkap Sekretaris Komisi I DPRD KLU , Ardianto SH, kepada Lomboktoday.co.id, Jumat ( 18/10)  di Tanjung.

Secara terpisah, Kepala Bappeda KLU, Ir Nanang Matalata menyebutkan, alasan pengajuan pinjaman ke PT PIP itu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pembangunan jalan lingkar utara sepanjang kurang lebih 5 km yang direalisasikan sejak tahun 2012 lalu.

“Pembangunan jalan lingkar utara membutuhkan anggaran besar sehingga dirasa perlu meminjam dana melalui PIP. Ke depan ketika target 80% untuk katagori jalan mantap terpenuhi, pos anggaran yang tersedia bisa dialihkan untuk kebutuhan sektor lain,” katanya.

Nanang menjelaskan, total anggaran yang dibutuhkan dalam pembanguann jalan sepanjang 5 Km itu diperkirakan mencapai Rp60 miliar.

“Untuk pembangunan dua jembatan saja membutuhkan lebih dari Rp 40 miliar dengan asumsi Rp 20 miliar untuk satu unit jembatan,” katanya.

Saat ditanya jumlah dana pinjaman yang akan diajukan, Nanang mengaku belum bisa memastikan.

“Jumlahnya belum pasti, tapi jika dilihat dari kebutuhan, mungkin bisa mencapai Rp 90 miliar. Begitu juga dengan jangka waktu pengembaliannya, belum bisa kita pastikan berapa tahun,” tutupnya. DNU

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *