Rata-Rata Lama Sekolah di NTB Setara Kelas 1 SMP

MATARAM, Lomboktoday.co.id – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) terus berupaya mempercepat peningkatan rata-rata lama sekolah. Pasalnya, berdasarkan data BPS tahun 2011 lalu, rata-rata lama sekolah di Provinsi NTB 6,79 tahun atau hanya selesai di bangku kelas 1 SMP/MTs.

Masih rendahnya rata-rata lama sekolah pendudukan usia sekolah di NTB, disebabkan berbagai faktor, salah satunya ekonomi. ‘’Kita akan mulai fokus mempercepat peningkatan rata-rata lama sekolah bagi penduduk NTB,’’ kata Kepala Dinas Dikpora Provinsi NTB, H Muhammad Imhal kepada wartawan di kantornya, Senin (21/10).

Menurut Imhal, program peningkatan rata-rata lama sekolah sudah mulai dilaksanakan sejak 2009 lalu. Sementara data terbaru mengenai rata-rata lama sekolah penduduk di NTB masih belum dilansir Badan Pusat Statistik (BPS) selaku lembaga yang berwenang mengeluarkan data.

Kendati demikian, Dinas Dikpora NTB selaku lembaga yang menangani masalah pendidikan, terus berupaya dan gencar meningkatkan rata-rata lama sekolah penduduk di NTB. Salah satunya dengan memprogramkan penyaluran dana Bantuan Siswa Miskin (BSM) yang bersumber dari APBD NTB.

Selain itu, juga bantuan yang bersumber dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) serta bantuan lainnya yang berasal dari pemerintah daerah kabupaten/kota dan juga langsung dari pemerintah provinsi dan pusat.

Semua bantuan itu bertujuan untuk menekan angka putus sekolah alias ‘’Drop Out’’ terutama di jenjang pendidikan wajib belajar pendidikan dasar sembilan tahun (Wajar Dikdas 9 Tahun).

‘’Kita juga meminta kepada Dinas Dikpora kabupaten/kota agar menekan terjadinya putus sekolah di jenjang Wajar Dikdas 9 Tahun,’’ ujarnya.(MN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *