Hama Tikus Ancam Puluhan Hektar Tanaman Jagung

LOBAR, Lomboktoday.co.id – Serangan hama tikus mewabah di lahan pertanian warga di Desa Gerung, Lombok Barat. Akibat dari serangan hama tikus tersebut, puluhan hektar tanaman jagung yang siap panen terancam gagal. Pasalnya sebagian besar tanaman jagung dimakan tikus.

Salah seorang petani asal Mendagi, Desa Dasan Geres, Kecamatan Gerung, Lombok Barat, Muhasan mengaku kewalahan mengatasi serangan ganas hama tikus yang merusak tanaman jagung para petani. Hama  tikus pada siang hari maupun malam hari memakan biji jagung dengan menyisakan tongkol jagung saja.

“Kita hanya bisa mengeluh dengan serangan hama tikus ini. Kemungkinan gagal panen bisa saja terjadi kalau melihat tanaman jagung yang  rusak dan dimakan hama tikus ini,” keluh Muhasan, Kamis sore (24/10).

Menurut Muhasan, persoalan yang dihadapi para petani di wilayah Mendagi tidak hanya masalah serangan hama tikus yang merusak tanaman jagung, namun juga persoalan air untuk mengairi lahan sawah. Pasalnya, debit air yang mengalir digunakan untuk mengairi puluhan hektar sawah para petani di Desa Mendagi cukup mengkhawatirkan, karena sangat kecil.

“Kita berharap pemerintah daerah dan pihak terkait lainnya bisa mencarikan solusi para petani di Desa Mendagi,” katanya.MN

Kirim Komentar

Leave a Reply