Kepala SMKN 4 Ikuti Pertemuan Kasek Tingkat Asia Pasifik

MATARAM,Lomboktoday.co.id – Kepala SMKN 4 Mataram bersama dengan Kepala SMAN 7 Yogyakarta, selama 8 hari, 15 – 23 Oktober 2013, diundang UNESCO, salah satu lembaga PBB yang mengurusi bidang pendidikan, keilmuan dan budaya, mengikuti kegiatan Asia-Pacific Leadership Academy for School (Akademi Kepemimpinan Kepala Sekolah Asia-Pasifik), di Seoul, Korea Selatan.

“Kepala SMKN 4 Mataram dan Kepala SMAN 7 Yogyakarta terpilih mewakili Indonesia dalam forum pertemuan yang digagas lembaga dunia (PBB) tersebut, karena dinilai aktif membantu program-program UNESCO di kawasan Asia Pasifik,” kata Kepala SMKN 4 Mataram, H Istiqlal, kepada sejumlah Wartawan, Jumat (25/10).

Khusus SMKN 4 Mataram, direkomendasikan UNESCO Perwakilan Indonesia, karena pernah mengirimkan tenaga pendidiknya ke Negara Timor Leste, membantu mengatasi kekurangan guru di negara yang baru merdeka itu.

Selama di Seoul, bersama kepala-kepala sekolah dari negara se Asia Pasifik, pihaknya mengikuti workshop tentang pendidikan, dengan materi-materi diantaranya adalah mempromosikan pendidikan untuk anak seluruh dunia, pendidikan bagi masyarakat dunia, pendidikan untuk kelangsungan hidup, dan turut partisipasi mewujudkan target MDGs (Millenium Development Goals), atau komitmen masyarakat internasional untuk mempercepat pembangunan manusia dan pengentasan kemiskinan.

“Kami juga diberikan stan khusus untuk mengikuti pameran pendidikan. Dimana selain menampilkan profil sekolah, kami juga memperkenalkan berbagai program pendidikan yang diajarkan di sekolah, baik intrakurikuler maupun ekstrakurikuler. Termasuk sejumlah prestasi, dan kerjasama internasional yang sudah dan pernah kita lakukan,” ujar Istiqlal.

Keikursertaan dalam kegiatan UNESCO ini sekaligus juga menegaskan, bahwa sekarang SMKN 4 Mataram secara resmi sudah masuk jaringan UNESCO, dan menjadi keluarga besar dari lembaga dunia itu.

“Artinya, konstribusi SMKN 4 Mataram terhadap pendidikan dunia telah diakui UNESCO, dan ke depan diharapkan akan terus membantu, serta dilibatkan dalam program-program pendidikan dunia,” ucapnya.

Ia menekankan, prestasi ini merupakan hasil kerja dari para pemangku kebijakan pendidikan di Kota Mataram, dan seluruh civitas SMKN 4 Mataram, mulai kepala sekolah, guru, staf dan tata usaha, serta para siswa/siswi.GT

Kirim Komentar

Leave a Reply