Satlantas Polres Loteng Amankan 800 Kendaraan

NANGKRING: Inilah ratusan unit kendaraan bermotor yang berhasil dijaring oleh Satuan Lalu Lintas Polres Lombok Tengah. (Foto: Akhyar Rosidi/Lomboktoday.co.id)

DIAMANKAN: Inilah ratusan unit kendaraan bermotor yang berhasil dijaring oleh Satuan Lalu Lintas Polres Lombok Tengah. (Foto: Akhyar Rosidi/Lomboktoday.co.id)

LOTENG, Lomboktoday.co.id – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Lombok Tengah berhasil mengamankan sebanyak 800 unit kendaraan sepeda motor dalam razia yang telah dilakukan beberapa waktu lalu. Itu dilakukan guna meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas di wilayah hukum Polres Lombok Tengah.

‘’Dalam razia yang kami lakukan itu, kita menahan kendaraan masyarakat yang terkena razia. Itu kita lakukan agar ada efek jera terhadap masyarakat supaya lebih tertib berlalu lintas. Secara keseluruhan, total kendaraan yang berhasil kita jaring dalam razia itu sebanyak 800 unit. Dan hari ini (Jumat, 25 Oktober 2013) jumlah yang melakukan sidang di Pengadilan Negeri Praya sekitar 600 unit,’’ kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Lombok Tengah, IPTU Ryan Aditya kepada wartawan di ruang kerjanya, Jumat (25/10).

Ryan mengatakan, dari evaluasi yang dilakukannya selama ini, banyak masyarakat yang terjaring razia kembali itu adalah mereka yang sudah ditilang, sehingga pihaknya terpaksa menahan kendaraan mereka supaya ada efek jera bagi masyarakat dalam meningkatkan kesadaran berlalu lintas.

Ryan menjelaskan, sesuai Undang-undang Nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, yang dijadikan sebagai barang bukti itu, bisa berupa kendaraan dan atau surat kendaraan bermotor. Intinya, itu tergantung dari kebijakan penegak hukum.

‘’Kesadaran masyarakat kita dalam berlalu lintas saat ini, masih kurang. Itu sebabnya, kita menahan kendaraan mereka seperti ini, siapa tahu ada efek jeranya. Sehingga ke depan, masyarakat akan bisa lebih tertib dalam berlalu lintas dan bisa mengurangi terjadinya kecelakaan lalu lintas,’’ ungkapnya.(ROS)

Kirim Komentar

Leave a Reply